NEWSTICKER
KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyaksikan bersama peluncuran program Garuda di Lautku di Anjungan Wisma Negara Centre Point of Indonesia (CPI). Medcom.id/Muhammad Syawaluddin.
KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyaksikan bersama peluncuran program Garuda di Lautku di Anjungan Wisma Negara Centre Point of Indonesia (CPI). Medcom.id/Muhammad Syawaluddin.

TNI AL Tingkatkan Pelestarian Terumbu Karang Lewat 'Garuda di Lautku'

Nasional tni al terumbu karang
Muhammad Syawaluddin • 17 Januari 2020 22:30
Makassar: TNI Angkatan Laut meningkatkan upaya pelestarian terumbu karang di wilayah Sulawesi Selatan dengan meluncurkan program 'Garuda di Lautku'. Program ini diresmikan di Anjungan Wisma Negara Centre Point of Indonesia (CPI) yang dihadiri langsung Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.
 
Ketua Penyelenggara Garuda di Lautku, Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas mengatakan program ini dilaksanakan untuk mendorong nasionalisme pada masyarakat untuk aktif dalam mengembangkan dan mengelola terumbu karang.
 
"Ini untuk meningkatkan upaya pelestarian terumbu karang di wilayah Sulawesi Selatan," tegas Hanarko di lokasi, Jumat, 17 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Program bertajuk 'Garuda di Lautku, Lestari Terumbu Karangku, Sejahtera Bangsaku' ini dihadiri juga oleh Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangarukka, Kapolda Sulawesi SelatanIrjen Pol Mas Guntur Laupe, penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, dan beberapa pejabat lainnya.
 
Program Garuda di Lautku ini dilakukan dengan menanam terumbu karang berbentuk burung garuda di perairan sekitar Pulau Kodingareng Keke berdiameter 40x40 meter.
 
"Kita akan menanam terumbu karang yang didahului pemasangan media transplantasi berbentuk burung garuda berdiameter 40x40 meter dengan ketinggian satu hingga tiga meter," ungkap Hanarko yang juga menjabat sebagai Danlantamal VI Makassar ini.
 
Penanaman terumbu karang tersebut melibatkan ratusan penyelam dari TNI, Polri, dan masyarakat. Penanaman terumbu karang dipimpin KSAL dengan membuka maket Garuda di Lautku.
 
Program Garuda di Lautku juga dirangkai dengan berbagai acara yang sebelumnya telah dilakukan seperti bakti sosial kesehatan, Jumat bersih, open ship KRI Dewa Ruci, KRI Bika Suco, KRI Semarang-594, serta pembersihan lingkungan Pulau Kodingareng Keke.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif