Ilustrasi. (Foto: Medcom.id/Kautsar Prabowo)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id/Kautsar Prabowo)

Buruh Kecewa UMP 2020 Yogyakarta Terendah se-Indonesia

Nasional upah ump
Patricia Vicka • 01 November 2019 10:57
Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) resmi menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar Rp1.794.608,25 dari sebelumnya Rp1.570.922.73. Para buruh menyatakan kekecewaannya lantaran kenaikan UMP DIY masih menjadi yang paling rendah se-Indonesia.
 
Sekretaris Jenderal Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY) Kirnadi menilai rendahnya UMP menjadi bukti Pemda DIY gagal membuat kebijakan yang menyejahterakan buruh.
 
"Ini menunjukkan pemda tidak memiliki peta jalan (road map) menyejahterakan buruh. Itu sebabnya UMP DIY selalu menjadi yang terendah se-indonesia ,” katanya di Yogyakarta, Jumat, 1 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kirnadi menyebut pemda seharusnya berani menaikkan upah lebih dari yang ditetapkan di dalam peraturan pemerintah (PP) nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan. Salah satu langkahnya adalah dengan menetapkan upah minimum per sektor.
 
Ia mencontohkan sejumlah daerah sudah menetapkan upah sektoral yang lebih tinggi dari ketentuan dalam PP no 78 tahun 2015. Di antaranya Jawa Barat, Jawa Timur, dan Tangerang.
 
"di Yogya sebenarnya memungkinkan, karena dari hasil kajian BPS (Badan Pusat Statistik) beberapa sektor memiliki pertumbuhan yang tinggi seperti pariwisata, farmasi, dan manufaktur. Ini hanya soal keberanian dari pemimpin daerah," tuturnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY, Andung Prihadi Santosa, menjelaskan, UMP/UMK yang ditentukan merupakan kesepakatan dari Dewan pengupahan provinsi, kabupaten/kota, serta gubernur dan bupati/wali kota.
 
Besaran UMK di seluruh DIY mulai yang paling tinggi adalah Kota Yogyakarta hingga paling rendah Kabupaten Gunungkidul.
 
"Rinciannya, UMK Kota Yogyakarta 2020 sebesar Rp2.004.000. Lalu Kabupaten Sleman Rp1.846.000, Kabupaten Bantul Rp1.790.500, Kabupaten Kulonprogo Rp1.750.500, dan Kabupaten Gunungkidul Rp1.705.000," imbuh dia.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif