Sejumlah pemulung tengah memungut sampah di TPA Sumur Baru, Kota Bekasi, Jawa Barat. Antonio/Medcom.id
Sejumlah pemulung tengah memungut sampah di TPA Sumur Baru, Kota Bekasi, Jawa Barat. Antonio/Medcom.id

Sampah Domestik di TPA Sumur Batu Tercampur Sampah Medis

Nasional Virus Korona
Antonio • 01 Juli 2020 15:37
Bekasi: Sampah domestik di TPA Sumur Batu, Kota Bekasi, Jawa Barat, tercampur dengan sampah medis. Sampah medis tersebut dikhawatirkan pernah digunakan Tim Surveillance yang melakukan pemeriksaan rapid test dan SWAB test.
 
Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengatakan seharusnya sampah dilakukan pemrosesan akhir dengan menggunakan incinerator.
 
"Masker itu bisa saja masker yang dipakai oleh warga kan jutaan, bisa saja. Nah yang kita khawatirkan adalah masker yang bekas dipakai tim surveillance, tim yang mengecek ODP, PDP dan juga di sini (Stadion Patriot Chandrabaga) rapid, swab, maupun di lab, puskesmas," kata Rahmat di Bekasi, Rabu, 1 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Anggota Polda Jateng Harus Bebas Covid-19 Sebelum Bertugas
 
Rahmat menjelaskan Pemkot Bekasi memang belum memiliki incinerator untuk pemrosesan akhir sampah medis. Namun pihaknya telah bekerja sama dengan salah satu pengelola pembakaran sampah medis di Karawang.
 
Ke depannya Rahmat mengimbau agar dilakukan pengawasan secara rutin terhadap sampah medis yang ada di Bekasi agar meminimalisir hal-hal yang memicu kekhawatiran.
 
"Makanya harusnya kalau yang begitu (alat medis) itu kan dia kan ada kotaknya tuh, nah kotaknya itu dikerjasamakan dengan salah satu pengelola incinerator itu. Kalau kita gini, saya biasanya saya buang ke kotak sampah karena kan kita sehat," ujarnya.

 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif