Ketua KPU Papua Theodorus Kossay. (Foto: ANTARA/Evarukdijati)
Ketua KPU Papua Theodorus Kossay. (Foto: ANTARA/Evarukdijati)

KPU Papua Petakan Daerah Pengguna Sistem Noken

Nasional Pemilu Serentak 2020
Antara • 05 Februari 2020 14:22
Jayapura: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua memetakan penggunaan sistem noken dalam Pilkada 2020. Pemetaan dilakukan melalui 11 KPU yang akan melaksanakan pilkada.
 
Ketua KPU Papua Theodorus Kossay mengatakan untuk tahap awal pihaknya baru memastikan penggunaan sistem noken di Kabupaten Yahukimo. Di wilayah itu terdapat 51 distrik dan sebagian besar menggunakan sistem noken.
 
"Dari 51 distrik hanya satu distrik yang menggunakan sistem one man one vote. KPU Papua masih terus melakukan pemetaan berapa banyak kabupaten yang masih menggunakan sistem noken,” ujarnya, melansir Antara, Rabu, 5 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Theodorus melanjutkan, 11 kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada 2020 adalah Kabupaten Keerom, Pegunungan Bintang, Merauke, Yahukimo, Yalimo, Boven Digul, Asmat, Waropen, Supiori, Nabire, dan Mamberamo Raya.
 
Ketika disinggung mengenai besaran anggaran untuk pilkada di 11 kabupaten, ia mengaku belum dapat memastikan. Pasalnya masih ada kabupaten yang merevisi anggaran untuk KPU.
 
"Dari laporan yang diterima (sementara), anggaran terbesar diterima KPU Yahukimo yakni Rp75 miliar dan yang terkecil Kabupaten Keerom, Rp15 miliar," jelas dia.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif