Sarang burung walet. FOTO: Medcom.id/Nia Deviyana
Sarang burung walet. FOTO: Medcom.id/Nia Deviyana

Ekspor Sarang Burung Walet Turun 20% karena Korona

Nasional Virus Korona Sarang Burung Walet
Farhan Dwitama • 05 Maret 2020 12:22
Tangerang: Perkumpulan Pengusaha Sarang Burung Indonesia (PPSBI) mengaku penyebaran virus korona atau covid-19 berdampak ke volume ekspor sarang burung walet ke luar negeri. Sejak Februari, volume ekspor menurun sekitar 20 persen.
 
"Tapi kita lihat sampai April. Karena siklusnya sehabis Imlek permintaan sarang burung menurun, tinggi di akhir tahun sejak Oktober sampai Desember," kata Ketua PPSBI Boedi Mranata, di Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis, 5 Maret 2020.
 
Dia menuturkan dari informasi yang dimiliki, penanganan pasien korona di wilayah Tiongkok membaik. Sehingga dia menyakini permintaan sarang burung kembali meningkat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita melihat Tiongkok sudah bisa menangani korona dengan baik. Tapi kalau negara lain, rasanya bisa memburuk. Karena Tiongkok berhasil mengisolasi negara itu, kalau negara lain, bisa enggak seperti itu. Maka kita lihat sampai April," jelas dia.
 
Dia menuturkan pangsa pasar sarang burung asal Indonesia, paling banyak terserap di Tiongkok. Sekitar 90 persen, produksi sarang burung Indonesia dikonsumsi masyarakat Tiongkok.
 
"Sedangkan 10 persen sisanya itu campur, negara mana-mana. Kita mampu setahun 1.000 sampai 1.500 ton sarang burung untuk diekspor. Dengan kondisi saat ini, tentu ada dampak ke kita," jelasnya.
 
Dia menjelaskan untuk pengiriman ke Tiongkok saat ini tidak bisa langsung. Sarang burung harus transit lebih dulu, agar bisa masuk ke Tiongkok.
 
"Tapi ada dari Korea bisa masuk (ke Tiongkok). Maka kalau kirim pagi, tidak bisa sore sampai. Dia (sarang burung) harus menginap atau antre karena yang mengirim cukup banyak. Sementara kapasitas penerbangan tidak sebanyak itu," tandasnya.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif