Ilustrasi Antara
Ilustrasi Antara

7.378 Anak di Jateng Positif Covid-19 dalam Sebulan Terakhir

Mustholih • 25 Juni 2021 14:54
Semarang: Ikatan Dokter Anak Indonesia Jawa Tengah (IDAI Jateng) mencatat 7.378 anak terpapar covid-19 dalam sebulan terakhir. Dari jumlah tersebut, sebanyak 55 anak meninggal dunia. 
 
"Jadi jumlah anak yang terkonfirmasi covid-19 di Jateng sangat tinggi," kata Ketua IDAI Jateng, Fitri Hartanto, Jumat, 25 Juni 2021.
 
Hartanto mengungkapkan angka penularan covid-19 pada anak menjadi tinggi setelah libur Idulfitri 2021, tepatnya selama 16 Mei hingga 20 Juni 2021. "Itu data pascalibur lebaran. Sepekan terakhir peningkatannya dua kali lipat,” tambah dia. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan, setelah libur lebaran, sebanyak 2.110 anak yang baru lahir di Jateng yang juga terpapar covid-19. Mereka lahir dari seorang ibu yang lebih dulu terinfeksi covid-19.
 
Hartanto menduga varian baru covid-19 delta turut andil dalam tingginya angka infeksi covid-19 terhadap anak. Menurutnya, varian baru covid-19 meninggalkan gejala yang tidak jelas bagi pihak yang terinfeksi. 
 
"Kalau dulu panas, batuk, dan pilek, sekarang infeksi saluran pencernaan. Akhir-akhir ini saya dapat pasien yang muntah-muntah dan diare. Setelah diperiksa ternyata covid-19," terang Hartanto.
 
BacaL Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Kembali Positif Covid-19
 
Oleh karena itu, Hartanto meminta kepada orang tua untuk lebih menjaga anak-anak mereka. Dia menyarankan orang tua jangan dulu membawa anak-anak mereka bepergian ke tempat-tempat keramaian, seperti mal atau objek wisata. 
 
"Jadi orang tua harus diedukasi. Orang tua harus menjadi contoh menerapkan protokol kesehatan ketat pada dirinya sendiri maupun anak-anaknya," tutur Hartanto.
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif