Tes usap antigen acak di pasar tradisional. Medcom.id/ Rhobi Shani.
Tes usap antigen acak di pasar tradisional. Medcom.id/ Rhobi Shani.

6 Orang Positif Covid-19 dari Tes Usap Antigen Acak di Jepara

Nasional Virus Korona tes virus korona pandemi covid-19 zona covid-19
Rhobi Shani • 21 Mei 2021 15:42
Jepara: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, getol melakukan tes usap antigen acak ke sejumlah wilayah. Sebanyak 899 orang dilakukan tes usap antigen. hasilnya enam orang positif covid-19.
 
Kepala Dinkes Kabupaten Jepara, Mundrikatun, mengatakan tes usap antigen acak dilakukan dengan mendatangi sejumlah tempat yang menimbulkan keramaian. Seperti objek wisata, pasar, dan terminal. Tes itu dilakukan sejak beberapa hari terakhir.
 
“Dua hari ini ada 899 orang (dites usap antigen), hasilnya ditemukan enam orang positif,” ujar Mundrikatun, Jumat, 21 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Total Kasus Covid-19 di Aceh 12.814
 
Bila ditemukan warga yang positif covid-19, maka ditindaklanjuti dengan tracing dan tracking. Warga yang kontak erat menjadi prioritas tracing. Seiring dengan meningkatnya kasus covid-19 setelah lebaran, tracing pun turut naik.
 
“Kalau kasus naik, otomatis (tracing) ikut naik. Sehari pengambilan sample PCR (polymerase chain reaction) bisa sampai 150 lebih. Sehari kemarin ada 159 sample,” kata Mundrikatun.
 
Disinggung berkait proses vaksinasi, Mundrikatun mengatakan, saat ini dinkes masih memiliki sisa vaksin sebanyak 198 vial atau 1.980 dosis. Vaksin itu dialokasikan untuk vaksinasi lansia pemberian dosis ke dua.
 
Baca: Pascalebaran, Kuningan Timur Jaksel Mengawasi Warga Pendatang Baru
 
“Vaksin yang masih ada saat ini kami fokuskan untuk pemberian ke dua. Nanti kalau stok tinggal sedikit, kami ajukan penambahan lagi ke provinsi,” kata Mundrikatun.
 
Hingga kini Dinkes Jepara telah menerima vaksin covid-19 sebanyak 70.140 dosis. Vaksin telah disuntikan kepada 5.080 orang tenaga kesehatan dosis pertama dan dosis kedua sebanyak 4.992 orang.
 
Vaksin juga telah disuntikan kepada 18.206 pelayan publik dosis pertama dan sebanyak 17.224 orang dosis kedua. Sementara, lansia yang telah divaksinasi dosis pertama sebanyak 12.750 orang dan 8.253 lansia dosis kedua.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif