Seorang pedagang cabai di Pasar Induk Brebes, Jawa Tengah, nampak melayani konsumen. (medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Seorang pedagang cabai di Pasar Induk Brebes, Jawa Tengah, nampak melayani konsumen. (medcom.id/Kuntoro Tayubi)

Harga Cabai di Brebes Meroket Dipicu Kelangkaan Produksi

Nasional harga cabai cabai
Kuntoro Tayubi • 07 Januari 2021 18:56
Brebes: Harga cabai di pasaran hingga kini masih tinggi, tak terkecuali di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Meroketnya harga cabai dipicu terjadi kelangkaan dan harganya sempat terjun bebas saat panen lalu. 
 
Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Brebes Tanti Palupi mengatakan sebelumnya harga cabai di tingkat petani terjun bebas pada April 2020 lalu. Yakni di kisaran Rp3 ribu sampai Rp6 ribu per kilogram (kg). Harga itu kemudian membuat para petani enggan menanam.
 
"Harga ini membuat para petani meninggalkan begitu saja tanaman cabainya. Tidak diurus lagi," kata Tanti, Kamis, 7 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tanti mengungkapkan, sejak terjun bebas April lalu petani tak semangat lagi produksi cabai dan tahapannya ditinggalkan begitu saja. Biasanya sekali tanam, cabai bisa dipanen delapan kali. Namun karena harganya saat itu murah, petani tidak semangat dan hanya memanen empat kali. 
 
"Panen raya harga turun dan petani tidak memelihara tanamannya lagi. Petani tidak semangat. Hanya 4 kali panen yang harusnya 8 kali panen sekali tanam. Sedangkan petani tidak bisa membayar buruh petik atau kuli, karena harga murah sedangkan kuli harus dibayar cukup tinggi," ungkapnya. 
 
Tanti menerangkan, harga cabai merah di tingkat petani saat ini tinggi, yakni Rp35 ribu hingga Rp 40 ribu/kg. Sedangkan harga cabai merah di tingkat konsumen atau di pasaran sudah mencapai di atas Rp 50 ribu/kg kilogram.  Harga yang cukup tinggi ini mulai dikeluhkan para konsumen di pasar-pasar tradisional. 
 
Pantauan di Pasar Induk Brebes, harga cabai merah saat ini Rp50.200/kg, cabai merah besar Rp47.200/kg, cabai merah keriting Rp53.150/kg, cabai rawit Rp61.050/kg, cabai rawit hijau Rp45.650/kg, dan cabai rawit merah Rp76.400/kg. Rata-rata kenaikan harga cabai rawit hijau selama beberapa hari terakhir Rp1.600/kg. Sedangkan rata-rata kenaikan cabai rawit merah Rp450/kg.
 
Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Brebes, Maryono mengaku, sejauh ini belum ada keluhan kenaikan harga cabai oleh para pedagang-pedagang di pasar. Pihaknya segera melakukan cek ke pasar-pasar terkait kenaikan harga cabai di pasaran. 
 
"Dalam waktu dekat kami akan cek ke lapangan. Yang jelas, kenaikan harga cabai ini karena memang sedikit petani yang panen," ujarnya. 
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif