Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (tengah) didampingi Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Budi Haryanto (kanan) saat menjawab pertanyaan wartawan di sela kunjungan Hari Imlek tahun 2022 di Klenteng Xiang Ma, Jalan Sulawesi, Makassar, Sulawesi Selatan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (tengah) didampingi Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Budi Haryanto (kanan) saat menjawab pertanyaan wartawan di sela kunjungan Hari Imlek tahun 2022 di Klenteng Xiang Ma, Jalan Sulawesi, Makassar, Sulawesi Selatan

Wali Kota Makassar Minta Capaian Vaksinasi Tak Jadi Syarat PPKM

Muhammad Syawaluddin • 14 April 2022 14:26
Makassar: Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, meminta kepada Pemerintah Pusat untuk tidak memasukkan capaian vaksinasi covid-19 lansia sebagai syarat penetapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di daerah. 
 
"Kami berharap Pemkot Makassar dapat dispensasi," katanya, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 14 April 2022.
 
Ia mengatakan pada dasarnya jika dilihat dari berbagai syarat, Kota Makassar sudah berada di bawah 1 persen, baik itu bed occupancy rate, hingga kasus masyarakat terkonfirmasi positif, tiap harinya kurang dari 10 orang. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hanya saja yang membuat Kota Makassar berada pada level 2 saat ini adalah syarat minimal vaksinasi covid-19 bagi lansia, yang sampai saat ini masih berada di angka 50 persen. Padahal syaratnya minimal vaksinasi covid-19 untuk lansia harus 70 persen. 
 
"Soal lansia bukan karena ketidakmampuan Pemkot Makassar, tapi karena kelayakan dari para lansia," jelasnya. 
 
Baca juga: Vaksinasi Anak di Kendari Sudah Mencapai 18.819
 
Danny Pomanto menjelaskan, kurangnya capaian vaksinasi covid-19 terhadap lansia di Kota Makassar karena faktor yang dialami oleh kebanyakan lansia. Seperti masalah kesehatan dan yang paling banyak ditemukan adalah tekanan darah tinggi. Sehingga pihaknya tidak bisa maksimal. 
 
"Jadi bukan karena ketidakmampuan vaksin lansia tapi karena kondisi. Jadi kami harap kriteria lansia itu bisa dicabut untuk Makassar agar bisa level 1 bisa lebih longgar lagi," jelasnya. 
 
Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan hingga 12 April 2022, realisasi vaksinasi dosis 1 mencapai 95,02 persen dari target sasaran 1.102.330 warga. Sedangkan untuk dosis 2 telah terealisasi 75,03 persen dan capaian booster 11,99 persen. 
 
Sementara untuk vaksinasi lansia dosis 1 mencapai 50,54 persen, angka itu menempatkan Kota Makassar dengam capaian terendah. Sedangkan capaian vaksinasi lansia dosis 2 baru terealisasi 42,94 persen lalu booster lansia mencapai 10,97 persen. 

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif