Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

Migrasi Digital Memungkinkan Siaran Televisi Komunitas Bertumbuh

Whisnu Mardiansyah • 28 Maret 2022 21:00
Riau: Migrasi televisi analog ke televisi digital atau Analog Switch Off (ASO) memberikan kemungkinan bertumbuhnya siaran televisi komunitas. Televisi komunitas ini akan mengatasi kebutuhan siaran di wilayah perbatasan.
 
Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang menyatakan, inisiatif membangun televisi komunitas dilakukan untuk mengatasi kebutuhan-kebutuhan masyarakat di perbatasan.
 
“Tentu saja itu menjadi perhatian pemerintah, dan kita tahu dengan migrasi ke TV digital itu memberi kemungkinan bertumbuhnya siaran televisi komunitas. Tadi saya mendengar juga di sini, sudah ada sebetulnya inisiatif untuk membangun televisi komunitas mengatasi kebutuhan-kebutuhan masyarakat di perbatasan,” ujar Philip di Pekanbaru, Riau, Senin, 28 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Percepat Migrasi Siaran Digital, Kominfo Bagikan 5.007 Alat STB di Riau
 
Menurut Philip, pemerintah akan berupaya mengatasi kebutuhan di dunia penyiaran terutama bagi daerah-daerah perbatasan yang berdekatan dengan negara lain. Pasalnya, wilayah perbatasan kerap mengalami kebocoran siaran dari negara tetangga.
 
“Karena saya juga mendengar bahwa di wilayah ini ada cukup banyak daerah yang dengan gampang menerima siaran televisi di negara tetangga, sedangkan televisi nasional kita tidak dapat. Saya kira itu tentu saja akan menjadi perhatian pemerintah, dan kebutuhan-kebutuhan itu akan diatasi dengan beberapa kebijakan dan program,” jelasnya.

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif