Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Medcom.id/Mustholih)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Medcom.id/Mustholih)

Jateng Telah Salurkan 28.471 Paket Sembako

Nasional Virus Korona bansos Bantuan Pangan Nontunai
Mustholih • 13 Mei 2020 15:32
Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, telah mendistribusikan 28.471 paket kebutuhan pokok bagi warga terdampak virus korona di Semarang, Salatiga, dan Surakarta. Bantuan disalurkan ke keluarga penerima manfaat (KPM) via pos.
 
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan Kota Semarang menerima kuota paling banyak bantuan paket kebutuhan pokok. Ibu Kota Jawa Tengah itu menerima 26.954 paket sembako, sementara Salatiga 201 paket, dan Surakarta 1.316 paket.
 
"Nantinya wajah penerima difoto (beserta) NIK dan KK penerima. Sehingga langsung terkonfirmasi ke kantor pos maupun ke kita," kata Ganjar, Semarang, Jateng, Rabu, 13 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Ganjar, untuk memastikan bantuan diterima warga dengan tepat sasaran, PT Pos Indonesia bekerja sama dengan pemerintah provinsi mengembangkan aplikasi android Id Fleet. Aplikasi ini digunakan khusus untuk menyalurkan bantuan bagi warga yang terdampak covid-19.
 
"Datanya nanti langsung terkonfirmasi realtime, harian," ungkapnya.
 
Baca juga:30 Warga Cirebon dari Bali Jalani Tes Swab
 
Sementara itru, Vice President Informasi dan Komunikasi Teknologi PT Kantor Pos Jakarta, Poerwanto S, menjelaskan, teknis pendistribusian bantuan sembako dari pemerintah provinsi untuk warga. Dia menjelaskan setiap pegawai pos yang menyalurkan bantuan sembako harus sudah memasang Id Fleet.
 
"Nanti petugas akan memotret wajah, NIK KTP, KK. Penerima diwajibkan membubuhkan tanda tangan pada aplikasi itu. Setelah itu dikirim ke server," jelas Poerwanto.
 
Poerwanto menambahkan aplikasi ini memudahkan Pos Indonesia melaporkan progres penyaluran bantuan sembako.
 
"Dari situlah kita meyakini kiriman itu diserahkan kepada orang yang dituju," ungkap dia.
 
Rencananya, Id Fleet juga akan digunakan untuk menyalurkan bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ke warganya yang merantau di Jakarta dan sekitarnya.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif