Sosialisasi e-Voting Pilkades Serentak tahun 2019 di Brebes, Jawa Tengah, Selasa, 19 November 2019. Medcom.id/Kuntoro Tayubi
Sosialisasi e-Voting Pilkades Serentak tahun 2019 di Brebes, Jawa Tengah, Selasa, 19 November 2019. Medcom.id/Kuntoro Tayubi

Brebes Bakal Gelar Pilkades Serentak e-Voting

Nasional Pilkades
Kuntoro Tayubi • 19 November 2019 13:33
Brebes: Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, siap menggelar Pilkades serentak tahap kedua pada bulan Desember mendatang dengan cara Electronic Voting (e-Voting). Sejumlah daerah di Indonesia saat ini telah menggunakan perangkat e-Voting yang diproduksi BPPT bersama PT. INTI.
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Brebes, Rofiq Qoidul Adzam, mengatakan saat ini sosialiasai dan simulasi e-Voting Pilkades gencar dilakukan oleh pihaknya bersama Bagian Pemerintah Desa Setda Brebes melalui panitia Pilkades setempat.
 
"Hal-hal yang baru, kerap mendapatkan tantangan atau kesulitan. Untuk itu, perlu digelar secara masif sosialisasi agar makin paham dan mengerti tentang E-voting," kata Rofiq kepada Medcom.id, Selasa, 19 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rofiq menjelaskan satu set perangkat e-Voting terdiri dari tiga alat. Sebuah komputer khusus dipakai untuk menampilkan Daftar Pemilih Tetap (DPT). DPT yang diinput adalah data yang terverifikasi dan berasal dari panitia Pilkades.
 
Alat kedua disebut sebagai pembaca kartu tanda penduduk (KTP Reader). Fungsinya adalah untuk membaca data kependudukan warga yang hendak menunaikan hak pilihnya.
 
"Tata urut pelaksanaan Pilkades e-Voting ini sebenarnya tak berbeda jauh dari pemilu pada umumnya. Sistem elektorniknya lah yang membuat berbeda, lebih mudah dan akurat," jelas Rofiq.
 
Dalam Pilkades e-Voting pemilik suara cukup menempelkan KTP, lantas diverifikasi dengan sidik jari telunjuk kiri atau kanan. Selanjutnya ada komputer generator, yang berfungsi membuka akses sistem pemilih ke bilik suara.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif