Ilustrasi. (Foto: MI/Arya Manggala)
Ilustrasi. (Foto: MI/Arya Manggala)

Sembako Murah Diharapkan Mengurangi Kemiskinan

Nasional sembako Bantuan Pangan Nontunai
Hendrik Simorangkir • 25 Januari 2020 09:36
Tangerang: Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang, Banten, Suli Rosadi, berharap program sembako murah Kementerian Sosial mampu mengurangi kemiskinan.
 
"Program (sembako murah) harus bisa mendorong berkurangnya kemiskinan. Agar masyarakat bisa lebih fokus mendapatkan penghasilan, tidak diganggu dengan kegiatan isi perut. Bantuan ini menjadi modal dan tenaga," ujarnya, Jumat, 24 Januari 2020.
 
Suli memastikan anggaran untuk program sembako murah bersumber dari pemerintah pusat. Pemerintah daerah hanya menjalankan program sebagai bentuk transformasi dari bantuan pangan non tunai (BPNT).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nantinya BPNT diberikan kepada KPM (keluarga penerima manfaat) dari Rp110 ribu per KPM, sekarang menjadi Rp150 ribu. Untuk penerima KPM di Kota Tangerang sebanyak 34.260 jiwa," jelasnya.
 
Ketentuan sembako murah harus didapatkan dari e-Warong, kata Sulu, pihaknya bakal melakukan tindak lanjut. Saat ini Pemkot Tangerang masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksanaan (juklak) dari program tersebut.
 
"e-Warong itu sudah pasti akan kami tindak lanjuti. Karena dana bantuan itu memang seharusnya hanya digunakan untuk membeli komoditas bahan pangan yang telah ditentukan di e-Warong. Tapi masalah implementasinya masih menunggu arahan pemerintah pusat lagi," jelasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif