ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.
ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.

Lima Ribu Narapidana Sulsel Bakal Menerima Remisi

Nasional remisi
Muhammad Syawaluddin • 02 Juni 2019 18:20
Makassar: Sebanyak 5.100 narapidana bakal menerima remisi atau pemotongan masa tahanan pada Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah. Jumlah tersebut merupakan pengajuan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan ke pemerintah pusat.
 
"Iya ada, yang diusulkan itu sebanyak 5.100, tinggal menunggu persetujuan dari pusat," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel Priyadi saat dikonfirmasi di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, 2 Juni 2019.
 
Priyadi menjelaskan bahwa narapidana yang bisa diajukan untuk mendapatkan remisi atau pemotongan masa tahanan adalah yang memiliki kelakuan baik dan telah menjalani hukuman paling lambat enam bulan di dalam tahanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengajuan remisi bagi narapidana di hari raya keagamaan tiap tahun dilakukan. Tapi, khusus Idulfitri, usulan hanya berlaku bagi napi beragama Islam dan memenuhi syarat yang telah ditetapkan sebelumnya.
 
Khusus untuk narapidana terorisme, narkotika, korupsi, kejahatan terhadap negara, kejahatan HAM berat, dan kejahatan transnasional, berlaku syarat tambahan. Yakni mereka harus bersedia bekerjasama untuk membongkar tindak pidana yang dilakukan.
 
Pemotongan masa tahanan yang diajukan oleh pihak Kemenkumham Sulsel bagi narapidana berbeda-beda. Mulai dari pemotongan lima belas hari, satu bulan, satu bulan lima belas hari, hingga dua bulan.
 
"Potongan 15 hari diusulkan bagi 1.164 napi. Potongan 1 bulan untuk 3.445 napi, potongan 1 bulan 15 hari bagi 392 napi. Terbanyak dengan masa potongan dua bulan, diusulkan bagi 99 warga binaan," jelas Priyadi.
 
Dari ribuan narapidana yang diajukan mendapatkan pemotongan masa tahanan 31 di antaranya adalah warga binaan kasus korupsi. Dari jumlah itu juga jika semua disetujui maka ada 45 warga binaan yang langsung bebas karena masa sisa tahannnya sudah hampir berakhir.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif