SPBU Bukit Golf di jalan AKBP Cek Agus, Kota Palembang. Foto: Gonti Hadi Wibowo/medcom.id
SPBU Bukit Golf di jalan AKBP Cek Agus, Kota Palembang. Foto: Gonti Hadi Wibowo/medcom.id

SPBU di Palembang Batasi Pembelian Solar

Nasional spbu Solar
Gonti Hadi Wibowo • 25 November 2019 12:46
Palembang: Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Palembang, Sumatra Selatan, mulai membatasi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar. Pembatasan pembelian untuk menyiasati kelangkaan solar, salah satunya di SPBU Pertamina di jalan Palembang-Jambi kilometer 12, Palembang, Sumatra Selatan.
 
"Sudah sepekan ini stok BBM jenis solar dibatasi pembeliannya karena stoknya sudah berkurang," kata Penanggung jawab SPBU, Medi, Senin, 25 November 2019.
 
Dia menuturkan kelangkaan solar merata hampir di seluruh SPBU di Kota Palembang. Dia menerangkan banyak pihak SPBU yang meniadakan solar dan membatasi pembelian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami lihat dulu stok solarnya cukup atau tidak. Kalau cukup kita jual seperti biasa dan jika stok sedikit kita batasi. Makanya banyak pengendara yang datang ke SPBU di sini karena kita yang masih menyediakan solar," ungkapnya.
 
Pembelian solar yang dibatasi itu pada kendaraan jenis dump truk sebanyak Rp300 ribu, jenis truk Rp600 ribu dan kendaraan pribadi Rp100 ribu.
 
"Memang kita batasi untuk sementara ini karena kalau tidak dibatasi nantinya akan berdampak dan tentu stok akan habis," jelasnya.
 
Region Manager Communication & CSR Pertamina Sumbagsel, Rifky Rahman Yusuf, mengatakan pemasokan solar periode 2019 di Kota Palembang mencapai 12.297 kilo liter.
 
"Jumlah itu untuk tahun ini ada penambahan kuota sebanyak 3,7 persen dari jumlah pasokan satu tahun," katanya.
 
Dari data per Oktober 2019, pihaknya telah menyalurkan lebih dari kuotanya sebesar 3.7 persen. Jumlah kuota itu sendiri dinilai cukup hingga akhir tahun nanti.
 
"Kuota itu harus mencukupi sampai akhir Desember nanti. Kuota itu diatur oleh pemerintah sedangkan Pertamina sebagai operator hanya menyalurkan," tandasnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif