Sultan Ternate Hidayatullah Sjah memberikan gelar Presiden Jokowi Widodo sebagai Kaicil Joko Widodo Dada Madopo Lamo atau Pangeran Bangsawan  Keluarga Kesultanan Ternate sekaligus Pemimpin Negara Besar yang ditopang oleh rakyat di Ternate, Maluku Utara, R
Sultan Ternate Hidayatullah Sjah memberikan gelar Presiden Jokowi Widodo sebagai Kaicil Joko Widodo Dada Madopo Lamo atau Pangeran Bangsawan Keluarga Kesultanan Ternate sekaligus Pemimpin Negara Besar yang ditopang oleh rakyat di Ternate, Maluku Utara, R

Sultan Ternate Anugerahi Presiden Jokowi Gelar Pangeran Bangsawan

Antara • 28 September 2022 09:38
Ternate: Sultan ke-49 Ternate Hidayatullah Sjah memberikan gelar kepada Presiden Jokowi Widodo sebagai Kaicil Joko Widodo Dada Madopo Lamo atau Pangeran Bangsawan Keluarga Kesultanan Ternate sekaligus Pemimpin Negara Besar yang ditopang oleh rakyat.
 
"Penganugerahan itu dilakukan Sultan Ternate Hidayatullah Sjah kepada Presiden Jokowi di dalam Kedaton Kesultanan, sekaligus mendoakan Presiden untuk selalu diberi kesehatan dan keselamatan dalam memimpin bangsa Indonesia," kata Fanyira Kadaton Kesultanan Ternate Rizal Effendi di Ternate, Rabu, 28 September 2022.
 
Pemberian gelar itu diberikan Sultan Ternate Hidayatullah Sjah sebelum Jokowi melakukan rangkaian kunjungan kerjanya di Kota Ternate, Kabupaten Halmahera Barat, dan Kota Tidore Kepulauan di Provinsi Maluku Utara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Rizal, Jokowi mengikuti ritual Joko Kaha atau injak tanah yang merupakan upacara tradisional untuk menerima tamu agung di halaman Kedaton Kesultanan Ternate.
 
Baca juga: Jokowi Dorong Buton Jadi Wilayah Industri Penghasil Aspal

Kunjungan Jokowi di Ternate disambut ribuan warga, mulai dari masyarakat serta siswa SD dan SMP, yang berdiri sejak pagi di sepanjang jalan dengan memegang Bendera Merah Putih.
 
Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan rangkaian kunjungan kerja Jokowi ke Maluku Utara antara lain telah menyerahkan bantuan sosial (bansos) kepada para penerima manfaat.
 
Usai menerima gelar adat, Jokowi kemudian menuju Pasar Bahari Berkesan dan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Ternate untuk menyerahkan bansos sekaligus memeriksa penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada para penerima manfaat.
 
"Tentunya Presiden akan memberikan bantuan BLT dan berdiskusi apa yang harus disampaikan dari masyarakat kepada Presiden," kata Heru.
 
Baca juga: Heboh Bertemu Jokowi, Warga Baubau: Lempar Bajunya, Pak!

Selanjutnya, Jokowi menuju Bandara Sultan Babullah Ternate untuk lepas landas ke Kabupaten Halmahera Bara untuk bertemu masyarakat di Kantor Pos Jailolo dan Pasar Rakyat Jailolo.
 
"Beliau juga mendatangi kantor pos setempat yaitu Kantor Pos Jailolo, di mana memastikan juga bantuan-bantuan sudah sampai ke masyarakat, dan tentunya menyapa kembali di Pasar Halmahera Barat, Pasar Jailolo," lanjutnya.
 
Kemudian, Jokowi menuju ke Pasar Galala dan Kantor Pos Desa Guraping di Kota Tidore Kepulauan untuk memberikan bansos kepada masyarakat yang berhak.
 
Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerjanya kali ini antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba.

 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif