Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id.

Jumlah Penumpang di Bandara Manado Turun 26 Persen

Nasional bandara penerbangan Tarif Tiket Pesawat
Mulyadi Pontororing • 20 Februari 2019 13:07
Manado: Lalu lintas penumpang pesawat domestik di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, turun pada Januari 2019, dibanding pada periode yang sama di 2018.
 
Dari data pihak Bandara Sam Ratulangi menyebutkan, pada periode Januari 2019, jumlah penumpang domestik sebanyak 161.971 penumpang. Jumlah tersebut turun 26 persen dari tahun sebelumnya pada periode yang sama dengan jumlah 219.477 penumpang pesawat.
 
Humas Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado Angga Maruli mengaku meskipun turun namun tidak signifikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Angga menjelaskan penurunan jumlah penumpang pesawat tersebut bukan hanya lantaran adanya kenaikan harga tiket dan peniadaan bagasi gratis. Sebab menurutnya, penurunan penimpang saat ini terjadi lantaran berbagai faktor. Salah satunya cuaca ekstrem yang membuat orang enggan bepergian dengan pesawat.
 
"Faktor cuaca ekstrem yang akhir-akhir ini sering melanda wilayah Sulut, membuat orang harus berpikir berkali-kali untuk bepergian menggunakan pesawat. Sehingga berpengaruh para menurunnya jumlah penumpang," kata Angga, Rabu, 20 Februari 2019, di Manado.
 
Baca:Enam Terluka Terkena Ledakan di Mal Taman Anggrek
 
Selain itu, lanjutnya, dengan berakhirnya masa liburan, maka saat ini telah memasuki low season, di mana jumlah penumpang wajar menurun seiring dengan mereka telah mulai beraktivitas atau bekerja.
 
"Dan biasanya akan naik lagi saat mendekati bulan puasa dan lebaran, nanti kita lihat perkbangannya. Jari sekrang kita tidak bisa mengatakan bahwa hanya lantaran kenaikan harga tiket, tapi karena berbagai faktor," ujarnya.
 
Meski demikian, kata Angga, hal sebaliknya justru terjadi pada jumlah penumpang mancanegara di mana pada Januari 2019 mengalami kenaikan dibanding periode yang sama para tahun sebelumnya.
 
"Pada Januari 2019, jumlah penumpang internasional sebanyak 23.389 atau naik 26 persen dari Januari tahun lalu sebanyak 18.591 penumpang," ungkapnya.
 
Menurut Angga hal tersebut sangat positif. Artinya, Kota Manado atau Sulut secara keseluruhan makin di minati turis mancanegara sehingga dapat menambah penghasilan daerah. "Juga tentunya kepada masyarakatnya. Untuk itu kami terus berbenah untuk memberikan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat maupun turis yang berkunjung," ujarnya.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif