Ilustrasi pemakaman. Medcom.id/Whisnu Mardiansyah
Ilustrasi pemakaman. Medcom.id/Whisnu Mardiansyah

Tangsel Tagih Pengembang Kewajiban Lahan Pemakaman

Farhan Dwitama • 25 Juli 2019 11:18
Tangerang Selatan: Pemerintah Kota Tangerang Selatan menagih kewajiban pengembang properti menyediakan lahan pemakaman sebesar dua persen dari jumlah total lahan. Total kewajiban lahan pemakamanan mencapai puluhan hektare jika menjumlahkan kewajiban tiga pengembang besar dan pengembang kecil di Tangsel.
 
Pelaksana tugas Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangsel Teddy Meiyadi mengatakan, tiga pengembang raksasa yang beroperasi di Tangsel yakni Sinarmasland (BSD), Bintaro Jaya dan Alam Sutera. Pengembang besar memiliki kewajiban yang bervariasi dengna rincian pengembang Bintaro Jaya harus menyerahkan 5,2 hektare, BSD 4,4 hektare dan Alam Sutera 2 hektare.
 
“Jika dikalkulasikan tiga pengembang ini (BSD, Bintaro Jaya, Alam Sutera) berkewajiban menyiapkan hampir 12 hektare,” pukas dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemkot Tangsel sudah menyiapak rencana tata ruang wilayah pemakaman di Sari Mulya, Kelurahan Babakan, Kecamatan Setu. Total lahan yang harus diserahakan mencapai 20 hektare.
 
"Baru tujuh hektare yang dibebaskan oleh tiga pengembang itu dan pengembang yang kecil-kecil," kata dia.
 
Pemkot Tangsel menargetkan kewajiban pengembang besar dipenuhi akhir 2019. Pengembang diharapkan membeli dan menyerahkan lahan di lokasi tersebut yang ditentukan memenuhi kewajiban tanah pemakaman.
 
Tedy yang juga menjabat sebagai Asisten Daerah III Bidang Administrasi Umum dan Kesra ini menyatakan, lahan TPU Sari Mulya nantinya dilengkapi masjid dan tempat kremasi bagi jenazah nonmuslim. Lahan tersebut juga disiapkan sebagai area taman permakaman yang bisa didatangi siapa saja sebagai sarana rekreasi warga.
 
“Konsepnya taman terbuka, memang taman makam bahagia. 20 hektare itu bisa menampung 18.000 liang lahat. Satu liang keluarga bisa ditumpuk tiga jenazah. diperuntukkan bagi seluruh warga ber-KTP Tangsel,” pukas dia.
 
(SUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif