Bupati Cirebon H Imron. (Foto: Medcom.id/Rofahan)
Bupati Cirebon H Imron. (Foto: Medcom.id/Rofahan)

ASN Kabupaten Cirebon Wajib Berbusana Adat

Nasional pns ASN
Ahmad Rofahan • 26 Desember 2019 15:47
Cirebon: Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, bakal diwajibkan memakai baju adat khas Cirebon. Instruksi langsung diberikan oleh Bupati Cirebon H Imron.
 
Menurut Imron, penggunaan baju adat Cirebon merupakan upaya melestarikan budaya. Temasuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang keistimewaan Kabupaten Cirebon agar semakin dikenal.
 
“Kearifan lokal akan kembali ditonjolkan sebagai jati diri masyarakat Kabupaten Cirebon. Dengan baju adat yang wajib dipakai ASN, saya berharap Kabupaten Cirebon lebih dikenal lagi oleh masyarakat di luar Cirebon,” kata Imron, Kamis, 26 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya itu, Imron juga meminta ASN menggunakan bahasa lokal Cirebon selama bertugas. Setiap bulan pada kamis di tanggal ganjil, ASN wajib berbusana adat. Model pakaian akan dirumuskan oleh Pemkab Cirebon dan berlaku tahun depan.
 
ASN Kabupaten Cirebon Wajib Berbusana Adat
Desain pakaian adat ASN Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. (foto: Medcom.id/Rofahan)
 
Sementara itu, Kabag Organisasi Pemkab Cirebon, Ade Sutardi, menambahkan, untuk baju adat pria terdiri dari model iket Kraman Pangeran Cakrabuana, baju kampret warna putih, saku bobok, celana atau sarung komboran, serta alas kaki terompah kulit khas Cirebon. ASN juga diwajibkan tetap mengenakan tanda nama dan lambang Korpri.
 
Sedangkan untuk wanita, diwajibkan mengenakan baju kurung warna hitam, rok atau kain samping khas Cirebon, alas kaki selop kulit senada, serta penyesuaian kerudung khusus untuk ASN berjilbab. ASN yang tengah hamil atau nonmuslim akan menyesuaikan.
 
"Aturan tersebut sudah disepakati Pemkab Cirebon dari proses panjang yang melibatkan banyak unsur. Kearifan lokal wajib ditonjolkan karena sebagai upaya membawa citra budaya Kabupaten Cirebon," pungkasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif