Ilustrasi. Aksi peringatan Hari Aids 1 Desember 2019. Foto: ANT/MOHAMAD HAMZAH
Ilustrasi. Aksi peringatan Hari Aids 1 Desember 2019. Foto: ANT/MOHAMAD HAMZAH

Kasus HIV di Kota Bekasi Menurun

Nasional hiv/aids
Antonio • 02 Desember 2019 12:45
Bekasi: Kasus HIV di Kota Bekasi, Jawa Barat, menurun ketimbang dua tahun sebelumnya. Dinas Kesehatan Kota Bekasi mencatat sebanyak 557 kasus HIV pada 2017, menurun jadi 360 kasus pada 2018.
 
"Sedangkan data bulan Januari sampai Juli 2019 kasus HIV yang terjaring sebanyak 145 kasus," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kota Bekasi, Dezy Syukrawati, di Bekasi, Senin, 2 Desember 2019.
 
Dezi menerangkan terjaringnya kasus HIV diperoleh melalui kegiatan pemeriksaan oleh fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di 42 Puskesmas dan delapan rumah sakit pemerintah dan swasta di Kota Bekasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penjaringan terbanyak dari kegiatan test HIV melalui kegiatan mobile VCT oleh Puskesmas se-Kota Bekasi. Kegiatan itu dibantu LSM penjangkau di Kota Bekasi, seperti Gaya Patriot Bekasi, Grapiks Bekasi, dan Rumah Sebaya.
 
Tes HIV dilakukan di lokasi-lokasi populasi risiko tinggi. Yakni tempat hiburan malam, karaoke, panti pijat, spa dan lainnya.
 
"Kasus yang sudah ditemukan sudah ditindaklanjuti oleh dinas kesehatan melalui fasyankes PDP (Perawatan Dukungan Pengobatan) yang ada di Kota Bekasi. Adapun layanan PDP yang ada di kota bekasi RSUD dr. Chasbullah Abdul Majid Kota Bekasi, RS Ananda Bekasi dan RS Elisabeth," imbuhnya.
 
Dia menambahkan pihaknya telah mengajukan pengusulan layanan PDP baru ke Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Di antaranya RS Hermina Bekasi, Puskesmas Karang Kitri, Puskesmas Jatisampurna dan Puskesmas Pengasinan.
 
Dia mengimbau masyarakat untuk menjauhi seks berisiko. Masyarakat diminta memerhatikan norma yang berlaku.
 
"Jangan gonta ganti pasangan, jauhi narkoba, dan lakukan pola hidup sehat," ujarnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif