NEWSTICKER
Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Pemkab Tangerang Gelontorkan Rp29 Miliar untuk Pilkades 2019

Nasional Pilkades
Hendrik Simorangkir • 12 November 2019 20:07
Tangerang: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang siapkan anggaran sebesar Rp29 miliar untuk menggelar pemilihan desa (Pilkades) 2019, di 153 desa dari 29 kecamatan. Anggaran bersumber dari APBD yang akan terbagi dalam tiga tahap.
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang Adiyat Nuryasin mengatakan tahap pertama yang sudah diserap oleh seluruh panitia Pilkades sebesar Rp5 miliar bersumber dari APBD murni.
 
"Tahap kedua sebesar Rp17 miliar bersumber dari APBD Perubahan pertama yang sedianya sudah bisa dicairkan oleh para panitia pilkades mulai Senin, 11 November 2019. Sedangkan tahap ketiga anggarannya bersumber dari APBD Perubahan kedua sebesar Rp6,9 miliar," ujarnya, Selasa, 12 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adiyat menambahkan anggaran diperuntukkan untuk bantuan pelaksanaan Pilkades di tiap desa. Kemudian dana masuk ke rekening desa.
 
"Itu buat bantian pelaksanaan Pilkades ya," katanya.
 
Dia menjelaskan setiap tahap pencairan para panitia pilkades di masing-masing desa harus mengajukan proposal dilampiri dengan RAB perihal penggunaan anggaran bantuan pelaksanaan pilkades. Adiyat mengaku tak bisa merinci jumlah anggaran Pilkades yang diterima setiap desa.
 
"Jumlahnya bervariasi atau disesuaikan dengan jumlah pemilih dan panitia di masing-masing TPS," jelasnya.
 
Dia menuturkan anggaran tersebut juga diperuntukkan membayar honorarium para panitia Pilkades di 153 Desa selama empat bulan hingga pencoblosan pada Desember 2019. Tujuh anggota dalam susunan panitia pilkades yang menerima honorarium yakni ketua panitia sebesar Rp1,1juta, wakil ketua sebesar Rp1juta, sekretaris Rp900 ribu, dan anggota sebesar Rp800 ribu.
 
"Selain itu ada dana hibah yang digunakan untuk anggaran pengamanan dan sudah diterima oleh instansi terkait sejak Juli 2019. Tapi jumlahnya berapa saya tidak tahu persis," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif