Dua gajah yang terjebak di rawa gambut di hutan di Kabupaten Indragiri Hulu. ANTARA/HO-tangkapan layar
Dua gajah yang terjebak di rawa gambut di hutan di Kabupaten Indragiri Hulu. ANTARA/HO-tangkapan layar

BBKSDA Riau Berupaya Keluarkan Dua Gajah Terjebak di Rawa

Antara • 07 Maret 2022 19:01
Pekanbaru: Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau berupaya menyelamatkan dua gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) liar yang terjebak di rawa gambut saat memasuki perkebunan sawit warga. Lokasi tersebut berada di wilayah Sungai Beringin, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu.
 
Kepala Bidang Teknis Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, M. Mahfud, mengatakan pihaknya telah mengusahakan untuk menggiring gajah ke luar dari wilayah tersebut.
 
"Rawa gambut itu banyak mengandung air karena sempat terjadi hujan deras dalam beberapa hari terakhir di daerah itu," kata Mahfud di Pekanbaru, Senin, 7 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Bali Uji Coba Aturan Bebas Karantina
 
Namun setelah mamalia besar itu bebas dari rawa, mereka kembali digiring oleh sebagian masyarakat sehingga gajah ini tak dapat ke luar dari daerah di sekitar rawa gambut tersebut.
 
"Dua gajah jantan ini sebelumnya ke luar dari rombongan. Sebenarnya mereka selalu melintas di daerah taman nasional. Jadi memang selalu ke luar masuk antara wilayah Jambi dan Riau," jelas Mahfud.
 
Hingga kini BBKSDA tengah merencanakan agar kedua gajah tersebut dapat ke luar dari rawa gambut dan kembali ke kawanannya.
 
"Sebetulnya mereka masih dalam wilayah jelajahnya namun karena terjebak di antara dua desa yang ada rawa gambut. Nanti kita usahakan agar bisa ke luar, apakah dengan menggunakan gajah jinak. Tapi nanti, setelah kita kaji lebih lanjut. Syukur-syukur bisa ke luar sendiri," ungkapnya.
 
Mahfud mengharapkan saat gajah berhasil ke luar dan digiring, diharapkan masyarakat yang daerahnya dilewati gajah itu tidak lagi menggiring mereka.
 
"Nanti teman-teman di lapangan akan memberikan sosialisasi agar masyarakat dapat memberikan ruang agar gajah dapat ke luar dari wilayahnya," ujarnya.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif