BIN menggelar vaksinasi covid-19 di lokasi wisata di DIY. (Istimewa)
BIN menggelar vaksinasi covid-19 di lokasi wisata di DIY. (Istimewa)

Libur Panjang, BIN DIY Gencar Vaksinasi di Lokasi Wisata

Lukman Diah Sari • 15 Mei 2022 21:57
Yogyakarta: Badan Intelijen Negara (BIN) kembali memanfaatkan libur panjang akhir pekan ini untuk percepatan vaksinasi covid-19 di sejumlah titik. Termasuk lokasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
 
"Keramaian adalah tempat yang paling tepat menggelar layanan vaksinasi. Masyarakat tidak sungkan mampir karena bisa sambil berwisata," kata Kepala BIN Daerah Istimewa Yogyakarta (Kabinda DIY) Brigjen Andry Wibowo, dalam keterangannya, Minggu, 15 Mei 2022. 
 
Pihaknya sengaja menggelar vaksinasi covid-19 dengan memanfaatkan momen libur panjang. Karena arus wisatwan di DIY masih tinggi. Lokasi vaksinasi di antaranya Rumah Kepala Dukuh Karangwetan Sentolo, Kulon Progo; klinik Mediska Kota Yogyakarta; Mall Sleman City Hall; Pos Pengamanan Ambarrukmo Plaza  Sleman; Posko Titik Nol KM Kota Yogyakarta; serta di Posko Parkiran Abu Bakar Ali Kota Yogyakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kesempatan ini kita manfaatkan, karena vaksinasi merupakan cara paling efektif dan efisien untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus pascalibur panjang Idulfitri 1443 Hijriah," ujar Andry. 
 
Jenderal bintang satu itu menerangkan kegiatan vaksinasi bukan cuma menyasar wisatwan. Melainkan, seluruh masyarakat yang belum melengkapi dosis vaksin serta booster. 
 
"Vaksinasi hingga dosis booster sangat penting, karena untuk membangun imunitas di tengah adanya mutasi virus. Apalagi saat ini varian omicron berpotensi menyebar dengan cepat," terang dia.
 
Baca: 65,81% Lansia Telah Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Lengkap
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani, mengatakan capaian vaksinasi di Kota Yogyakarta cukup tinggi. Dia menyebut untuk dosis satu dan dua sudah mencapai sekitar 200 persen dari target.
 
“Sedangkan untuk vaksinasi dosis penguat atau booster mencapai sekitar 76 persen,” ungkap Emma.
 
Emma menuturkan untuk merek vaksin yang digunakan disesuaikan dengan ketersediaan yang dimiliki Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Pihaknya tetap memberikan layanan vaksinasi demi menuntaskan program vaksinasi nasional.
 
Kegiatan vaksinasi yang digelar BIN DIY  dibuka sejak pagi hingga siang ini. Gelaran vaksinasi itu merupakan  kerja sama BIN DIY dengan Polda DIY, Dinas Kesehatan serta Pemerintah DIY.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif