Menteri Investasi Bahlil Lahadalia akan melarang ekspor timah mulai tahun depan. Foto: Medcom/Triawati
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia akan melarang ekspor timah mulai tahun depan. Foto: Medcom/Triawati

Bahlil Bakal Larang Ekspor Timah Tahun Depan

Triawati Prihatsari • 06 Juli 2022 18:01
Solo: Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menegaskan akan melarang ekspor timah mulai tahun depan. Tidak hanya timah, larangan ekspor komoditas bauksit mentah juga akan diterapkan.
 
"Konsensus negara di dunia ini mengarah pada green energy, lingkungan, kesejahteraan, ini akan menjadi keharusan. Termasuk Indonesia dalam melakukan investasi ke depan terhadap pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) akan melakukan hilirisasi dalam rangka memberikan penciptaan nilai tambah," ujar Bahlil di Solo, Jawa Tengah, Rabu, 6 Juli 2022.
 
Tidak hanya larangan ekspor timah yang akan diterapkan, upaya yang sama juga akan dilakukan untuk komoditas nikel. Menurutnya, dengan hilirisasi maka lingkungan akan tetap terjaga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebaliknya jika tidak dilakukan hilirisasi maka penambangaan liar akan terus terjadi. Penambangan yang terus dilakukan tanpaa mengukur kapaasitas volume produksi dinilai akan membahayakan lingkungan.
 
Baca: Warga Babel Difasilitasi Urus Izin Cegah Tambang Ilegal

"Jadi kita mengelola, pengetatan dalam rangka mendorong terwujudnya industri yang ramah lingkungan, memakai energi terbarukan dan nilai tambah lebih besar," bebernya.
 
Salah satu upaya dilakukan untuk merealisasikan rencana tersebut, yaitu dengan menyamakan pandangan melalui agenda G2O yang digelar di Solo.
 
"Ini sejalan dengan visi besar presiden tentang transfrmassi ekonomi. Begitu kita melakukan hilirisasi nikel kita, dibawa ke WTO oleh bebertapaa negara lain. Di forum (G20) Ini harus ada kesamaan pandangan, berdiri dama tinggi, duduk sama rendah dan diberikan kewengan terhadap masing-masing negara untuk mengatur posisi negara masing-masing," ungkapnya.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif