Calon penumpang kereta commuter line menyeberang rel kereta di Stasiun Manggarai, Jakarta. Foto: dok MI/Ramdani.
Calon penumpang kereta commuter line menyeberang rel kereta di Stasiun Manggarai, Jakarta. Foto: dok MI/Ramdani.

514.286 Orang Gunakan KAI Daop 6 Selama Libur Sekolah

Ahmad Mustaqim • 05 Juli 2022 22:31
Yogyakarta: Lebih dari setengah juta orang memakai layanan transportasi kereta api Indonesia (KAI) di Daop 6 Yogyakarta selama musim libur yang telah berjalan sekitar dua pekan. Angka itu baik yang turun maupun bepergian dari Daop 6.
 
Manajer Humas KAI Daop 6, Supriyanto, mengatakan data sementara penumpang naik masa liburan sekolah sejak 25 Juni sudah sebanyak 280.927 orang. Sedangkan untuk penumpang turun pada masa itu sudah mencapai 233.359 orang. Artinya, total ada 514.286 orang.
 
"Kenaikan signifikan penumpang berangkat dari Daop 6 dimulai sejak awal masa liburan yaitu hari Minggu (26 Juni) yang tercatat ada 21.496 orang dan Minggu (3 Juli) tercatat ada 24.295 orang," kata Supriyanto dalam keterangan tertulis, Selasa, 5 Juli 2022.
 
Baca: Petugas Pengecatan Rel di Lamongan Tewas Disambar Kereta

Dia mengatakan jumlah tersebut naik dari rata-rata harian sekitar 15.000 penumpang pada masa liburan. Sementara untuk penumpang datang di Daop 6 Yogyakarta kenaikan signifikan terjadi pada Jumat (1 Juli) sebanyak 22.757 orang dan Sabtu (2 Juli) yang mencapai 20.081 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Supriyanto jumlah penumpang berangkat dan datang di wilayah Daop 6 Yogyakarta pada masa liburan terus akan mengalami perubahan. Ia mengatakan ada rencana penambahan jadwal perjalanan kereta api.
 
"Berkaitan dengan tambahan perjalanan kereta, pada bulan Juli, Daop 6 menambah 7 perjalanan kereta api ke beberapa tujuan mulai Gambir, Surabaya Gubeng, hingga Ketapang," jelasnya.
 
Sedangkan jadwal kereta api reguler yang berjalan rutin ada 55 perjalanan KA jarak jauh. Rinciannya, 17 KA keberangkatan Daop 6 dengan tujuan Jakarta Gambir, Pasar Senen, Bandung, Surabaya Gubeng, Ketapang dan Malang, serta ada 38 KA yang melintas dan berhenti di Daop 6 Yogyakarta.
 
"Kami ingatkan pelanggan untuk mengikuti persyaratan perjalanan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal mengacu kepada SE Kemenhub No.57 Tahun 2022, termasuk sudah vaksin lengkap dan juga booster," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif