Pekerja menata tahu di sebuah industri tahu tradisional di Banda Aceh, Senin (14/2/2022). ANTARA/Ampelsa
Pekerja menata tahu di sebuah industri tahu tradisional di Banda Aceh, Senin (14/2/2022). ANTARA/Ampelsa

Sejumlah Usaha Tahu di Aceh Tutup Imbas Harga Kedelai Mahal

Antara • 16 Februari 2022 08:24
Banda Aceh: Sejumlah perajin tahu di Banda Aceh dan sekitar menutup usahanya karena semakin mahalnya harga kedelai yang menjadi bahan baku makanan tradisional tersebut.
 
Sekretaris Asosiasi Tahu Tempe Aceh Mulizar mengatakan selain harga semakin mahal, perajin tahu juga kesulitan mendapatkan kacang kedelai.
 
"Kacang kedelai sulit didapat. Akibatnya, sejumlah perajin tahu terpaksa menutup usahanya karena ketiadaan bahan baku," kata Mulizar, Selasa, 15 Februari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mulizar mengatakan harga kacang kedelai saat ini mencapai Rp11.500 per kilogram. Harga tersebut dianggap mahal karena tidak bisa ditutupi dengan harga produksi.
 
Baca juga: Antrean Minyak Goreng Murah di Madiun Ricuh
 
"Harga jual tahu sulit dinaikkan karena berdampak pada daya beli masyarakat. Kalau harga tahu dinaikkan, dikhawatirkan tidak ada yang beli," ujarnya.
 
Menurut Mulizar, perajin tahu yang masih bertahan terpaksa menyiasati dengan mengurangi ukuran tahu yang diproduksi. Seperti menipiskan ketebalan hingga mengurangi bahan baku kedelai.
 
Kalau tidak, terang dia, usaha tahu sulit bertahan. Apalagi sekarang ini masyarakat membeli tahu terus berkurang seiring langkanya minyak goreng di pasaran.
 
"Kami berharap pemerintah bisa membantu permasalahan dihadapi perajin tahu. Usaha yang bertahan hanya untuk menyelamatkan tenaga kerja saja," jelasnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif