Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat, Marhaban. ANTARA/Teuku Dedi Iskandar
Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat, Marhaban. ANTARA/Teuku Dedi Iskandar

Pemkab Aceh Barat Cegah Potensi Konflik di Daerah

Antara • 31 Juli 2022 10:41
Meulaboh: Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menggelar koordinasi dengan sejumlah instansi pemerintah untuk meningkatkan kewaspadaan dan deteksi dini guna mencegah terjadinya potensi konflik di masyarakat.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat, Marhaban, mengatakan koordinasi tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam menggalang kewaspadaan dan deteksi dini terhadap isu-isu aktual di masyarakat.
 
"Deteksi dini yang kita lakukan ini untuk meningkatkan upaya pencegahan potensi konflik dalam mendukung terciptanya suasana tertib, aman dan nyaman di Kabupaten Aceh Barat," kata Marhaban di Meulaboh, Sabtu, 31 Juli 2022.
 
Baca: Basarnas Evakuasi Warga yang Hilang di Hutan Aceh Barat

Marhaban mengatakan segala permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat harus dideteksi sejak dini dan diselesaikan dengan cepat, terukur agar tidak terjadi konflik lebih luas yang dapat meresahkan masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Oleh sebab itu, melalui forum tersebut, ia berharap dapat meningkatkan kewaspadaan dini pemerintah daerah melalui pendeteksian dan pencegahan dini dengan memetakan kerawanan sosial dan potensi konflik.
 
Pemerintah daerah juga membentuk tim kewaspadaan dini dan nantinya diharapkan dapat menjadi ujung tombak pemerintah dalam mewujudkan dan menjaga suasana yang kondusif di Kabupaten Aceh Barat, guna menciptakan rasa aman, damai dan tentram di tengah-tengah masyakarat.
 
Sementara Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Aceh Barat, Abdurrani, mengatakan kegiatan koordinasi tersebut bertujuan untuk memberikan peringatan dini dalam mengantisipasi serta menangkal berbagai potensi bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) di daerah sejak dini.
 
Sehingga pemerintah bisa mengambil tindakan maupun kebijakan yang tepat dan terukur.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif