Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Sukoharjo Terapkan PSBB Lebih Awal, Mulai 9 Januari

Nasional Virus Korona PSBB pandemi covid-19 PSBM
Triawati Prihatsari • 08 Januari 2021 13:23
Sukoharjo: Pemerintah Sukoharjo (Pemkab) Sukoharjo, Jawa Tengah, memutuskan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) lebih awal dari jadwal pemerintah pusat. PSBB di Sukoharjo mulai dilaksanakan Sabtu, 9 Januari 2021.
 
"Tim Satgas Covid-19 Sukoharjo sudah memutuskan untuk memberlakukan PSBB dua hari lebih awal dari keputusan pemerintah pusat. Harusnya 11 Januari, tapi akan kita laksanakan mulai 9 Januari, besok," ujar juru bicara Satgas Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Jumat, 8 Januari 2021.
 
Selain itu, pemberlakuan PSBB di Sukoharjo juga akan selesai satu hari lebih awal dari jadwal pusat yaitu pada 24 Januari 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, keputusan penerapan PSBB dua hari lebih awal agar sosialisasi dapat dilakukan lebih cepat dan bertepatan dengan akhir pekan.
 
Baca juga: Kelompok Separatis Papua Rancang Mogok Sipil
 
"Secara teknis pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan ketentuan pusat. Di Sukoharjo akan memaksimalkan satgas yang ada di tingkat bawah untuk saling memantau. Khususnya memantau warga yang melakukan isolasi mandiri," bebernya.
 
Sesuai ketentuan dari pusat, beberapa peraturan selama PSBB di antaranya bekerja dari rumah sebanyak 75 persen, sekolah daring, jam oerasional perbelanjaan sampai pukul 19.00 WIB, tempat makan kapasitas maksimal 25 persen, tempat ibadah 50 persen, fasum dan kegiatan sosial ditiadakan, juga pembatasan sejumlah kegiatan lain.
 
"Sukoharjo sudah punya perda nomor 10/2020 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, dan itu akan menjadi pijakan hukum bagi pelanggar PSBB nantinya," jelasnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif