Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

1 Pasien Hepatitis Akut Meninggal, RSUD Tulungagung Siapkan Ruang Isolasi

Nasional penyakit aneh penyakit menular Jawa Timur Hepatitis Akut
Antara • 11 Mei 2022 08:05
Tulungagung: RSUD dr Iskak Tulungagung, Jawa Timur, menyatakan pihaknya telah menyiapkan ruang isolasi khusus pasien hepatitis akut sebagai antisipasi merebaknya varian baru penyakit yang menyerang organ hati manusia itu.
 
"Kami sudah siapkan ruangan isolasi, sama seperti saat kami menangani pasien COVID-19 yang memerlukan ruangan isolasi," kata Direktur RSUD dr Iskak, Supriyanto di Tulungagung, Jatim, Selasa, 10 Mei 2022.
 
Menurut dia, kesiapsiagaan ini merupakan langkah mitigasi dalam hal penanganan kasus hepatitis akut yang bisa menjadi pandemi baru tersebut. Pihak RSUD, lanjutnya, juga menyusun protokol penanganan yang baku demi mencegah risiko penularan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami persiapkan semua untuk memastikan standar penanganan sesuai dan risiko kefatalan bisa diminimalkan," katanya.
 
Baca: Antisipasi Hepatitis Akut, Disdik Makassar Instruksikan Tutup Kantin Sekolah
 
Terkait satu kasus pasien hepatitis akut berinisial PR, 7, yang akhirnya meninggal, Dokter Pri, panggilan Supriyanto, menyatakan saat ini belum ada laporan kasus baru masuk RSUD dr Iskak.
 
Soal hasil pemeriksaan laboratorium pasien yang terindikasi hepatitis akut itu, ia pun belum bisa menjelaskan. Dirinya meminta pada awak media untuk bersabar, menunggu rilis resmi dari Kementerian Kesehatan.
 
"Yang kami bahas ini kan barang baru, nanti biar Kementerian (Kesehatan) yang memberikan penjelasan detail, perlu banyak uji untuk memastikannya," ujarnya.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif