Warga mendapat perawatan dari petugas Puskesmas Sayung, Demak, Jawa Tengah. Foto: Metro TV/Budi Hutomo
Warga mendapat perawatan dari petugas Puskesmas Sayung, Demak, Jawa Tengah. Foto: Metro TV/Budi Hutomo

Banjir Rob Surut, Datang Penyakit Kulit

MetroTV • 25 Mei 2022 14:40
Demak: Banjir rob sudah mulai surut di sejumlah daerah di sekitar pesisir utara Jawa Tengah. Seiring dengan surutnya banjir, penyakit kulit justru datang.
 
Hal ini tampak terjadi di Desa Sriwulan, Demak, Jawa Tengah. Pos Komando (Posko) Kesehatan yang didirikan Puskesmas Sayung tampak sibuk melayani warga.
 
"Kita siapkan dua pos. Pertama di pos balai desa dan pos RW 6," ujar perawat dari Puskesmas Sayung 1, Rohmat Hidayat, Rabu, 25 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan, posko kesehatan tersebut beroperasi dan melayani masalah kesehatan para korban banjir selama 24 jam. Selain itu, puskesmas juga menyiapkan mobil ambulans untuk menjemput warga yang tidak bisa jalan ke lokasi posko kesehatan. 
 
"Kita siapkan ambulans keliling untuk menjemput warga yang ingin berobat," kata dia.
 
Jika tidak bisa menggunakan ambulans, petugas puskesmas akan berkoordinasi dengan BPBD untuk dijemput dengan perahu karet.
 
Baca: 5.000 Keluarga Masih Terdampak Banjir Rob Semarang
 
Rohmat mengatakan warga korban banjir rata-rata mengeluhkan pusing, demam, lemas, serta gatal-gatal. Untuk penanganan awal, perawat puskesmas memeriksa tensi darah serta memberikan vitamin. 
 
"Rata-rata penyakit darah tinggi, lelah, serta penyakit kulit," kata Rohmat.
 
Hingga Rabu, 25 Mei 2022 siang, kondisi banjir rob di Desa Sriwulan berangsur surut. Banjir rob yang terjadi sana akibat jebolnya tanggul Sungai Menyong. (Budi Hutomo/MHD)
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif