Ilustrasi - Ternak sapi. (ANTARA/HO -foto warga)
Ilustrasi - Ternak sapi. (ANTARA/HO -foto warga)

Cegah PMK Meluas, Pemkab Sleman Mulai Vaksin Ribuan Ternak

Ahmad Mustaqim • 25 Juni 2022 18:30
Sleman: Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memulai vaksinasi terhadap ternak untuk mencegah penyakit mulut dan kuku (PMK). Vaksinasi itu dimulai di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan.
 
Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Suparmono, mengatakan vaksinasi permulaan itu dilakukan menyasar sekitar 1.000 ekor ternak warga. Vaksinasi awal diprioritaskan untuk ternak penghasil susu.
 
"Sasarannya untuk 1.000 ekor sapi perah, nanti menyusul sapi potong," kata Suparmono saat dihubungi, Sabtu, 25 Juni 2022.
 
Baca: Sapi Kurban Presiden Disalurkan ke Wilayah Terdampak Bencana di Sumbar

Dia mengatakan setiap ternak nanti akan mendapatkan tiga kali dosis vaksin. Proses vaksinasi itu didata baik secara jumlah hewan maupun pemilik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Suparmono mengatakan jatah vaksin yang didapat sebanyak 3.100 vial. Jumlah itu bertambah karena sebelumnya mengajukan sekitar 1.000 vial.
 
Sementara lokasi memulai vaksinasi awal dipilih karena populasi sapi perah cukup banyak. Sebab, sudah ada kasus PMK yang menjangkiti sapi perah.
 
"Jumlah total sapi perah ada 2.804 ekor dan 252 ekor (terpapar) PMK. Sapi perah jadi prioritas utama divaksin karena produktivitas susunya turun," kata mantan Camat Cangkringan ini.
 
Ia mengungkapkan produksi susu sebelum PMK mewabah sebesar 7.664,75 liter per hari. Setelah PMK mewabah menjadi 6.363,50 liter per hari. Ia mengatakan penurunan produksi susu mencapai 1.301,25 liter per hari.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif