Iptu Indra Darmawan saat tengah memantau pergerakan kendaraan di Dermaga III Pelabuhan Merak.
Iptu Indra Darmawan saat tengah memantau pergerakan kendaraan di Dermaga III Pelabuhan Merak.

Mengenal Indra Darmawan, PengendalI Kemacetan di Pelabuhan Merak

Nasional Mudik Lebaran lalu lintas Pelabuhan Info Mudik Mudik 2022
Hendrik Simorangkir • 01 Mei 2022 07:23
Merak: Memasuki H-2 Lebaran, Polda Banten berhasil mengurai kemacetan kendaraan pemudik, baik melalui Tol Tangerang-Merak hingga jalan arteri yang hendak memasuki Pelabuhan Merak. Berbagai upaya dari hulu ke hilir dikerahkan, mulai dari rekayasa lalu lintas hingga permintaan penambahan armada kapal dan dermaga dilakukan untuk melayani pemudik.
 
Polda Banten juga menempatkan personel untuk mengatur kendaraan yang hendak masuk ke dermaga. Tugas personel kepolisian itu sangat vital.
 
Berkatnya, kemacetan di luar Pelabuhan Merak bisa terurai. Iptu Indra Darmawan menjadi pemegang kunci. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anggota dari Polres Cilegon itu mengatakan tugasnya sebagai pengendali pergerakan kendaraan di dalam dermaga menjadi ujung tombak. Tugas yang diembannya itu menjadi salah satu keberhasilan mengurai kemacetan yang terjadi.
 
"Saya kebetulan yang ditugaskan untuk mengatur flow-nya kendaraan di dermaga III. Pergerakan kendaraan diatur dengan berapa banyaknya kuota kendaraan yang menampung sebelum memasuki kapal," ujarnya saat ditemui di Dermaga III Pelabuhan Merak, Banten, Minggu, 1 April 2022.
 
Indra menjelaskan tugas yang diembannya tidak lepas dari situasi parkir kendaraan yang hendak memasuki kapal. Saat tengah terjadi kepadatan di luar dermaga, dirinya harus mengambil langkah cepat untuk mengurainya.
 
Baca: Aparat Jamin Keamanan Rumah yang Ditinggal Mudik
 
"Teknisnya kalau kapal sudah memulai sandar, sudah mulai bongkar kosong baru kita isi kendaraan dari kantong parkir di luar pelabuhan. Contohnya, di Dermaga III, kapal sandar sudah mulai bongkar kosong, kita lihat berapa banyak slot yang kosong, dan langsung kita isi lagi. Jadi Insyaallah untuk pengaturan berjalan lancar, tidak ada hambatan dan dapat dilihat sendiri kendaraan terus mengalir," jelas dia.
 
Ia menuturkan masing-masing tempat parkir memiliki kapasitas berbeda-beda. Ini berdasarkan area luasnya dermaga.
 
"Masing-masing parkir kapasitasnya berbeda, seperti di dermaga III tersedia 300 kendaraan, lain dengan dermaga II yang hanya mengisi 200 kendaraan. Masing-masing dermaga ada kapasitasnya," ucap dia.
 
Indra menuturkan tidak ada trik khusus untuk mengatur kendaraan tersebut. Hanya berdasarkan pengelihatannya saja.
 
"Cuma dari pemantauan pengelihatan saja. Iya kalau ada lajur yang sudah kelihatan mulai kosong, saya langsung informasikan untuk segera ditambah. Isi pengaturan normal ya seperti pengaturan biasa. Itu semua bertujuan agar tidak ada penumpukan dan rebutan, sudah teratur lah," katanya.
 
Indra mengatakan tidak adanya kendala signifikan dalam mengatur kendaraan tersebut. Ia menuturkan dirinya tidak bekerja sendiri, ada tiga regu yang dibagi menjadi tiga sif.
 
"Kita ini dibagi 3 regu, tiap regunya ada tiga orang. Kebetulan saya piket malam ini. Masa waktunya per 12 jam. Dan saya juga hanya 3 hari di sini," ucap dia.
 
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif