Penyintas bencana yang berada di Posko Pengungsian Lapangan Desa Penanggal Kecamatan Candipuro mulai melakukan kegiatan produktif untuk membangkitkan kembali ekonomi yang sempat mati/Kominfo Lumajang.
Penyintas bencana yang berada di Posko Pengungsian Lapangan Desa Penanggal Kecamatan Candipuro mulai melakukan kegiatan produktif untuk membangkitkan kembali ekonomi yang sempat mati/Kominfo Lumajang.

Penyintas Erupsi Semeru di Lumajang Mulai Merintis Usaha

Daviq Umar Al Faruq • 31 Maret 2022 13:14
Lumajang: Bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, telah memasuki bulan keempat. Sejumlah penyintas bencana di Posko Pengungsian Lapangan Desa Penanggal Kecamatan Candipuro, mulai berkegiatan untuk memulihkan kondisi ekonomi yang sempat mati.
 
Sekretaris Desa Penanggal, Amien, mengatakan, ada beberapa kegiatan produktif yang dilakukan penyitas bencana Gunung Semeru. Salah satunya membuat kerajinan tangan berupa hiasan dinding.
 
Menurut Amien, di posko pengungsian juga telah dibangun galeri untuk memasarkan produk kerajinan yang dibuat oleh para penyintas bencana erupsi Gunung Semeru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini kita mulai untuk membangkitkan ekonomi masyarakat, ada yang membuat kerajinan, menjahit, membuat keset juga, ada yang buka angkringan, jadi ini kita mulai dulu," kata dia.
 
Baca juga: Gunung Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas Guguran
 
Sementara itu, salah satu Penyintas Bencana Gunung Semeru Daru Dusun Kajar Kuning Desa Sumberwuluh, Marsinem, mengungkapkan, selama di pengungsian, dirinya bersama masyarakat terdampak lainnya tidak memiliki pemasukan. 
 
Oleh karena itu, ia mulai membuka usaha. Meskipun usaha yang dilakukannya masih tergolong kecil, namun hasil yang diperoleh terhitung lumayan.
 
"Alhamdulillah. Ada saja daripada tidur terus enggak ada kegiatan, gawe selimuran (untuk mengisi kegiatan)," ungkapnya.
 
Marsinem sadar bahwa kehidupan harus terus berjalan, tidak mungkin semua kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dengan mengandalkan bantuan atau donasi dari masyarakat lainnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif