Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Menjaga Kekayaan Bawah Laut Indonesia

Nasional lingkungan hidup kelautan
Medcom • 06 November 2019 20:26
Jakarta: Berbagai upaya dilakukan PT Pendidikan Maritim Logistik Indonesia (PMLI) untuk mendukung pelestarian lingkungan yang menjadi salah satu sumber kekayaan alam Indonesia. PMLI kerap bersentuhan dengan kelautanuntuk melindungi kelestarian bawah laut yang menyimpan kekayaan, termasuk artefak dan benda-benda kuno sebagai warisan budaya.
 
"Apalagi secara geografis Indonesia punya posisi penting dalam lalu lintas perdagangan global sejak ratusan tahun silam," kata Direktur Utama PMLI, Amri Yusuf, di Jakarta, Rabu, 6 November 2019.
 
Amri menjelaskan untuk meningkatkan pelestarian kekayaan laut Indonesia, diskusi 'Safeguarding and Reviving the Shared Maritime Cultural Heritage of Southeast Asia' digelar untuk memperkuat pengembangan pengetahuan dan riset yang dilakukan oleh Museum Maritim Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Forum diskusi ini digelar UNESCO dan ASEAN, berkolaborasi dengan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi di Jakarta dan Belitung, Propinsi Bangka-Belitung.
 
Sejumlah pakar sejarah dan budaya dari sejumlah negara Asia menjadi pembicara, antara lain Singgih Tri Sulistio, Tim Winters, Tep Sokha, Nia Hasanah Ridwan, perwakilan Unesco di Indonesia, Moe Chiba, serta Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilman Farid.
 
"Perlu ada upaya serius untuk menjaga dan melindungi kekayaan bawah laut seperti artefak atau benda-benda kuno yang bisa mengungkapkan sejarah dan peradaban maritim dunia. Jika tidak dilindungi, benda-benda tersebut rentan rusak atau tersimpan di tangan yang salah, mengingat nilai komersialnya juga sangat tinggi," jelas Amri.
 
Sementara Direktur Operasi IPC, Prasetyadi, mengatakan perairan nusantara sudah lama menjadi jalur pertukaran peradaban lintas negara dan lintas benua. Sebagai jalur sibuk pelayaran, IPC meyakini bahwa lingkungan bawah laut Nusantara menyimpan banyak artefak yang tak ternilai, yang bisa digali untuk penelitian ilmiah, sejarah dan budaya.
 
"IPC siap berkontribusi dan berkolaborasi untuk menjaga kekayaan bawah laut di Indonesia. Kami mendukung setiap upaya untuk perlindungan kekayaan bawah laut, termasuk kerja sama, seperti forum diskusi pelestarian budaya maritim di Asia Tenggara ini," kata Prasetyadi.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif