Situasi lalu lintas di kawasan Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin, 28 Oktober 2019. Medcom.id/ Rizky Dewantara
Situasi lalu lintas di kawasan Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin, 28 Oktober 2019. Medcom.id/ Rizky Dewantara

Pemkab Bogor Sediakan 516 Kios untuk PKL di Puncak

Nasional lalu lintas Penataan Kawasan Puncak
Rizky Dewantara • 28 Oktober 2019 11:31
Bogor: Ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang tersebar di Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat bakal direlokasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, sebagai salah satu upaya untuk penataan kawasan Puncak Bogor.
 
Bupati Bogor, Ade Yasin Munawaroh, mengatakan jika pihaknya telah mendata 516 PKL yang akan mendapat lapak di rest area kawasan Gunung Mas Kecamatan Cisarua.
 
"Kami sudah siapkan tempat relokasi PKL di Gunung Mas dan tahun depan pembangunan akan dimulai untuk kios-kiosnya. Jadi kami menggeser mereka (PKL) bukan menggusur," ungkap Ade saat di Lapangan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin, 28 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ade menjelaskan Pemkab Bogor bakal menyiapkan anggaran Rp18 miliar untuk membangun 516 kios sebagai tempat relokasi PKL. Menurut Ade PKL merupakan salah satu penyebab kemacetan di Jalan Raya Puncak.
 
Relokasi para PKL juga untuk kepentingan pelebaran jalan yang akan dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). "Banyaknya PKL dikawasan Puncak menyebabkan orang (pengendara) berhenti sesukanya di lapak-lapak PKL yang berakibat lalu lintas menjadi tersendat dan macet," pungkas Ade.
 
Ade berharap dengan menempatkan PKL di beberapa rest area yang telah disediakan Pemkab Bogor bisa mengurangi kemacetan. Masyarakat yang berlibur dan hendak membeli oleh-oleh juga diyakini akan lebih tertib memarkirkan kendaraan jika kawasan PKL sudah tertata.
 
"Keinginan kami dalam penataan kawasan Puncak Bogor, tidak ada lagi PKL yang berdagang dipinggir jalan," jelas Ade.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif