Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Medcom.id/Roni Kurniawan)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Medcom.id/Roni Kurniawan)

Emil Layangkan Teguran ke KCIC

Nasional pipa pertamina
Roni Kurniawan • 25 Oktober 2019 07:53
Bandung: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, melayangkan teguran kepada PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) terkait insiden kebakaran di pipa Pertamina.
 
Emil, sapaan akrabnya, berencana memanggil PT KCIC guna membicarakan proses pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.
 
"Saya akan memanggil KCIC karena saya mendapat beberapa laporan tidak hanya urusan Pertamina, di titik-titik lain ada komplain. Saya kumpulkan (komplain) agar saya tegur (KCIC), supaya kejadian (kebakaran) ini tidak terulang lagi," ujarnya, Kamis, 24 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Emil meminta KCIC lebih memperhatikan aspek keamanan dan mengutamakan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam pengerjaan proyek.
 
"Saya minta atensi lebih (terhadap) SOP yang proporsional dan profesional. Proyek ini sangat ditunggu selesainya, tapi prosesnya harus dengan cara-cara yang tidak menimbulkan dinamika," kata dia.
 
Selain kontraktor, Emil mengatakan pihaknya juga akan memanggil pemerintah daerah kabupaten/kota yang terkait dengan pembangunan proyek KCJB. Hal ini dilakukan untuk mengoordinasikan berbagai keluhan yang disampaikan masyarakat selama proses pembangunan.
 
Ia memastikan sudah tidak ada lagi pipa Pertamina yang aktif di jalur yang dilalui proyek PT KCIC. Pertamina, kata dia, telah menyiapkan jalur pipa baru guna menghindari proyek KCIC sebelum insiden kebakaran terjadi.
 
"Pertamina melaporkan telah melakukan upaya kontingensi, mitigasi, dan monitor dampak bencana ke masyarakat. Selain itu, Pertamina melaporkan bahwa pasokan BBM di Bandung dan sekitarnya dipastikan aman," pungkas Emil.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif