Ilustrasi. MI/Susanto.
Ilustrasi. MI/Susanto.

Pariwisata Lombok Mulai Pulih

Nasional Gempa Lombok
Yusuf Riaman • 22 Desember 2018 15:17
Lombok: Kondisi pariwisata di Nusa Tenggara Barat khususnya di Lombok sudah kembali pulih pascagempa. Hal itu terlihat dari jumlah penumpang pesawat melalui Lombok International Airport (LIA) sudah membaik.
 
Setiap hari jumlah penumpang rata-rata mencapai 9.000 orang, baik datang maupun pergi. Jumlah penumpang sempat turun hingga 7.000 penumpang akibat gempa bumi.
 
"Dengan empat ribu datang dan empat ribu pergi, ini sudah menunjukkan pergerakan mulai membaik. Kita berharap kondisi ini semakin membaik seiring dengan peningkatan pelayanan yang kita sediakan sebagai salah satu upaya untuk meyakinkan orang datang berkunjung ke Lombok," kata I Gusti Ngurah Ardita, General Manager Lombok International Airport kepada wartawan di Mataram, Jumat, 21 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Ardita, sebelum gempa menerjang Lombok, pergerakan penumpang mencapai 12 ribu bahkan hingga 14 ribu per hari.
 
Ardita mempredikasi arus libur Natal dan Tahun Baru akan terjadi peningkatan hingga 2%, Adapun prediksi arus kedatangan diperkirakan akan terjadi pada 21 dan 26 Desember. Dan prediksi puncak keberangkatan diperkirakan akan terjadi pada 27 Dersember serta 2 dan 6 Januari mendatang.
 
Sebaliknya di Bangka Belitung, Gubernur Erzaldi Rosman Djohan tidak menampik jika harga tiket pesawat tidak menamil jika harga tiket pesawat udara cukup mahal pada liburan akhir tahun ini. Hal ini akan berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan ke Bangka Belitung.
 
"Harga tiket tinggi ancam kunjungan orang ke Bangka. Daya beli berkurang karena sudah enggak wajar harganya," kata Erzaldi, usai pertemuan dengan Bank Indonesia perwakilan Babel kemarin.
 
Untuk mengatasi persoalan ini, Gubernur sudah berkirim surat ke pihak maskapai penerbangan.Bank Indonesia pun sudah memanggil dan rapat bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah serta upaya lainnya.
 
Menurut Erzaldi, apabila hal ini tidak bisa diatasi, jumlah wisatawan yang datang ke Bangka Belitung akan terus berkurang. "Hotel bisa sepi pengunjung. Produk UMKM tidak ada yang beli," tambahnya.
 
Wisata alam
 
Adapun di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Lokawisata Baturraden ditargetkan mencapai 80 ribu pengunjung. Jumlah pengunjung akan meningkat dibandingkan liburan Natal dan tahun baru pada 2017 mencapai 75 ribu wisatawan.
 
Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Banyumas, Asis Kusumandani mengatakan pihaknya menargetkan jumlah pengunjung pada liburan natal dan tahun baru ini mencapai 80 ribu pengunjung.
 
"Jumlah tersebut naik 5 ribu pengunjung jika dibandingkan pada 2017. Sedangkan jumlah wisatawan pada liburan akhir 2016 sebanyak 70 ribu pe-ngunjung. Jadi, setiap tahunnya memang ada kenaikan. Wisata alam Baturraden masih favorit," ujarnya kemarin.
 
Pada bagian lain PT Pertamina memastikan kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) masyarakat, terutama di jalur tol dan wisata di wilayah Jawa Barat bakal aman dan tercukupi. Pasokan BBM akan ditambah dan pelayanan terminal BBM buka 24 jam.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi