Menko PMK, Muhadjir Effendy, mengikuti rakor dengan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dan Kepala BPOM Penny K Lukito, di Pendopo Kantor Bupati Cianjur, Rabu, 30 November 2022. Antara/ Ajat Sudrajat
Menko PMK, Muhadjir Effendy, mengikuti rakor dengan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dan Kepala BPOM Penny K Lukito, di Pendopo Kantor Bupati Cianjur, Rabu, 30 November 2022. Antara/ Ajat Sudrajat

Menko PMK Sebut Penanganan Gempa Cianjur Terkoordinasi Baik

Antara • 30 November 2022 13:24
Cianjur: Penanggulangan bencana gempa Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, hingga hari ke-10 disebut sudah terkoordinasi dengan baik.
 
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan pendistribusian bantuan juga berjalan lancar.
 
"Sehingga kendala dan kekurangan pada hari pertama, kedua, ketiga sudah bisa diatasi," kata Muhadjir seusai mengikuti rakor dengan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dan Kepala BPOM Penny K Lukito, di Pendopo Kantor Bupati Cianjur, Rabu, 30 November 2022.
 
Baca: 7 Orang Diperiksa Terkait Kasus Pencopotan Label Rumah Ibadah di Tenda Pengungsi Gempa Cianjur

Dia menuturkan warga terdampak gempa yang selama ini tinggal di daerah terisolasi sudah bisa dijangkau sehingga Tim SAR Gabungan bisa menyalurkan bantuan dari pemerintah pusat dan pihak lainnya kepada mereka.
 
"Pada hari pertama kita belum bisa melakukan itu. Semuanya harus memakai helikopter, maka jenis bantuannya terbatas. Nah, sekarang ini sudah berjalan dengan baik," jelas Muhadjir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Muhadjir juga mengimbau kepada masyarakat yang akan memberikan bantuan kepada pengungsi untuk diserahkan kepada posko utama di Pendopo Kantor Bupati Cianjur.
 
"Sehingga distribusinya bisa lebih merata karena kalau bantuan-bantuan itu datang dari warga, paling diberikan ke mereka yang di pinggir jalan. Padahal sebagian pengungsi itu berada di wilayah yang masuk," ungkapnya.
 
Aksi warga yang memberikan bantuan secara langsung tersebut, kata Menko Muhadjir menyebabkan pengungsi komplain tidak mendapatkan bantuan.
 
Muhadjir juga meminta kepada warga agar lokasi gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, jangan sampai dijadikan tempat wisata oleh warga luar Cianjur.
 
"Karena itu untuk menjaga perasaan dan suasana batin mereka yang jadi korban bencana ini. Saya imbau kepada seluruh warga yang akan memberikan bantuan, mohon sebaiknya dititipkan ke posko pusat agar bisa disalurkan sebaik-baiknya" ujarnya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 

 
 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif