Puluhan penyelam dari sejumlah organisasi mengibarkan Bendera Merah Putih di bawah laut di wilayah Perairan Supermonde, Makassar. Foto: Branda ANTARA
Puluhan penyelam dari sejumlah organisasi mengibarkan Bendera Merah Putih di bawah laut di wilayah Perairan Supermonde, Makassar. Foto: Branda ANTARA

Rayakan Kemerdekaan, Penyelam di Makassar Kibarkan Merah Putih di Perairan Supermonde

Antara • 16 Agustus 2022 19:45
Makassar: Puluhan penyelam dari sejumlah organisasi mengibarkan Bendera Merah Putih di bawah laut di wilayah Perairan Supermonde, Pulau Kodingareng, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan ini untuk menyambut Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.
 
"Selain melakukan pengibaran Bendera Merah Putih, para penyelam juga melaksanakan transplantasi terumbu karang di lima lokasi pulau berbeda," kata Kepala Cabang Dinas Kelautan Mamminasata Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan Sayyid Zainal Abidin, Selasa, 16 Agustus 2022.
 
Menurut dia, transplantasi terumbu karang dilakukan di wilayah Perairan Kepulauan Kodingareng Keke, Perairan Pulau Barang Lompo, Perairan Pulau Barra Caddi, Perairan Pulau Lae-Lae Makassar, hingga Kepulauan Tana Keke, Kabupaten Takalar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 
Anggota Paskibraka dari Yogyakarta Siswa Berprestasi Bidang Olahraga
 
Dalam aksi transplantasi tersebut, sebanyak 200 bibit karang jenis Acropora diikat pada rangka berbentuk perahu pinisi di bawah laut. Sayyid menekankan pentingnya menjaga dan melindungi kekayaan ragam biota laut, termasuk terumbu karang, di wilayah perairan Indonesia. 
 
Dia mengingatkan menangkap ikan dengan cara mengebom bisa merusak terumbu karang dan ekosistem bawah laut.
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif