Pelayanan pembuatan KTP-el di Siola.
Pelayanan pembuatan KTP-el di Siola.

Dispendukcapil Surabaya Tuntaskan Pencetakan 153 ribu KTP-el

Nasional pelayanan e-ktp Pemilu Serentak 2020
Syaikhul Hadi • 09 Maret 2020 18:33
Surabaya: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya menuntaskan pencetakan 153 ribu Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Pencetakan dilakukan untuk menghadapi Pemilu Serentak 2020.
 
“kita lembur terus hingga pencetakannya tuntas 153 ribu itu pada 29 Februari 2020,” kata Kepala Dispendukcapil Surabaya Agus Imam Sonhaji, Senin, 9 Maret 2020. 
 
Agus mengakui keterlambatan pencetakan KTP-el lantaran blangko KTP-el dari Kementerian Dalam Negeri kosong. Namun akhirnya, Kemendagri mengirimkan 153 ribu blangko KTP-el secara bertahap mulai 5 Februari hingga  27 Februari 2020. Sejak proses pengiriman blangko tersebut, Dispendukcapil menuntaskan pencetakan KTP-el. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami minta tolong untuk dibantu. Apalagi sebentar lagi ada perhelatan pilkada, sehingga kurang elok rasanya kalau warga hanya memegang suket,” kata Agus.
 
Agus memastikan saat ini Pemkot Surabaya sudah tidak lagi menerbitkan suket. Sementara untuk warga yang baru mengajukan pembuatan KTP-el, Agus memastikan akan langsung diproses pencetakannya. Sesuai Peraturan Daerah (Perda), masa pencetakannya sekitar 7 hari, namun hal itu terus dipercepat. 
 
“Kita percepat, 7 hari itu terlalu lama, apalagi ini sudah lancar pengiriman blangko KTP-el nya, sehingga pasti bisa lebih cepat,” ujarnya.
 
Menurut Agus, bagi warga yang baru mengajukan pembuatan KTP-el, nanti akan ada e-Kitir yang dilengkapi QR Code. Jika QR Codenya itu discan, maka akan diketahui progress pembuatan, sudah tercetak atau belum. Bahkan, bisa diketahui pula apakah sudah dikirim ke kelurahan atau tidak. 
 
“Ini kami buat supaya warga tidak bolak-balik datang ke Siola atau ke kelurahan,” tambahnya. 
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif