NEWSTICKER
Jalan Jalan Yos Sudarso Surabaya. Foto: Antara Jatim/Humas Pemkot Surabaya
Jalan Jalan Yos Sudarso Surabaya. Foto: Antara Jatim/Humas Pemkot Surabaya

Jalan Yos Sudarso Dibuka Kembali Akhir Februari

Nasional infrastruktur pemerintah kota
Antara • 20 Februari 2020 16:47
Surabaya: Jalan Yos Sudarso Kota Surabaya, Jawa Timur, yang ditutup akhir Agustus 2019 karena proyek pembangunan basemen Alun-Alun Surabaya segera dibuka. Sebagian jalan dibuka pada akhir Februari 2020.
 
"Sisanya 12 hari kemudian, sekitar pertengahan Maret 2020 akan dibuka total," kata Kepala Bidang Gedung Bangunan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Pemkot Surabaya, Iman Krestian di Surabaya, Kamis, 20 Februari 2020, melansir Antara.
 
Dia menerangkan Jalan Yos Sudarso dibuka separuh dikhususkan untuk satu arah, yakni arah Jalan Pemuda ke Yos Sudarso. Sedangkan dari Gubernur Suryo ke Yos Sudarso masih ditutup.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena dari arah sebelah Barat masih butuh waktu 12 hari untuk kering. Jadi baru dibuka separuh dulu, harapan kita tidak terlalu jauh dari pembukaan itu, sudah bisa dibuka semua," tambah Iman.
 
Iman menjelaskan perencanaan proyek sampai ke Jalan Pemuda 17 belum bisa dilakukan. Lantaran masih menunggu penyelesaian sengketa hukum persil.
 
"Dari situ kalau dihitung progresnya pekerjaan sekitar 31 persen, karena nantinya seratus persen total pekerjaan itu hitungannya sampai persil Pemuda 17. Jadi karena Pemuda 17 ada sengketa hukum yang belum selesai, jadi nanti ada pengurangan biaya," terangnnya.
 
Ketua Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Surabaya, Baktiono, mengatakan pembangunan baseman Alun-Alun Surabaya belum tuntas karena terkendala persil di Jalan Pemuda 17. Tapi, Pemkot Surabaya bersikukuh memanfaatkan lahan untuk kepentingan warga.
 
"Itu terkait hak penggelolaan lahan dan itu sudah dalam gugatan, karena dimiliki oleh salah satu pengusaha yang sudah habis HPL-nya. Cuma, yang bersangkutan mengugat agar mendapat hak penggelolaan kembali," ujar Baktiono.
 
Baktiono menerangkan bangunan basemen Jalan Yos Sudarso akan digunakan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Dengan begitu produk UMKM bisa dipamerkan dan laku.
 
"Mudah mudahan dalam waktu dekat ini ada putusan inkrah, agar bisa dilanjutkan kembali pembangunan basemen Alun-Alun Surabaya untuk kepentingan warga," ujarnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif