Imbas tanggul jebol di Jepara, Jawa Tengah. Foto: Medcom.id/Rhobi S
Imbas tanggul jebol di Jepara, Jawa Tengah. Foto: Medcom.id/Rhobi S

Hujan Jebol Tanggul Irigasi di Tiga Desa

Nasional tanggul jebol
Rhobi Shani • 06 Januari 2020 08:42
Jepara: Hujan yang mengguyur Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, beberapa hari terakhir mengakibatkan tanggul saluran irigasi primer jebol. Tanggul jebol terjadi di Desa Tanggul Tlare Kecamatan Kedung, di Desa Dorang Kecamatan Nalumsari, dan di Desa Sowan Kidul Kecamatan Kedung, Jepara, Jawa Tengah.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Arwin Nor Isdiyanto, mengatakan akibat tanggul jebol di Desa Tanggul Tlare, sawah seluas lebih dari 50 hektare terendam banjir. Ada lima titik tanggul jebol.
 
“Perisitwa pertama saat hujan lebat tahun baru ada tiga titik, terus Sabtu kemarin titik yang jebol tambah dua, jadi ada lima titik tanggul yang jebol di Desa Tanggul Tlare,” ujar Arwin, Senin, 6 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setiap titik tanggul yang jebol di Desa Tanggul Tlare sepanjang tiga meter dengan ketinggian dua meter. Sementara, tanggul yang jebol di Desa Dorang sepanjang 75 meter dengan ketinggian empat meter.
 
“Penyebabnya ya, karena hujan lebat terus debit sungai meningkat lalu arus sungai menggerus dinding tanggul. Kalau tanggul yang di Desa Dorang, sebetulnya tahun 2018 pernah diperbaiki,” kata Arwin.
 
Peristiwa tanggul jebol pada Minggu, 5 Januari 2020, juga terjadi di Desa Sowan Kidul Kecamatan Kedung. Tercatat ada dua titik tanggul yang jebol. Yaitu di belakang Masjid Baiturrohman di wilayah RT03 RW01. Tanggul yang jebol sepanjang 7,5 meter.
 
“Satu titik lagi tanggul jebol di Desa Sowan Kidul itu di wilayah RT02 RW03. Tanggul yang jebol sepanjang 10 meter,” ungkap Arwin.
 
Penanganan sementara terhadap tanggul-tanggul yang jebol, BPBD Jepara telah membagikan 900 karung. Itu untuk menambal tanggul yang jebol dan memperkuat tanggul-tanggul yang tergerus air.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif