Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

91 Anak di Bandung Mengalami Gangguan Jiwa

Nasional orang dengan gangguan jiwa (ODGJ)
Roni Kurniawan • 22 Oktober 2019 15:59
Bandung: Sebanyak 91 anak di Kota Bandung, Jawa Barat, mengalami gangguan jiwa karena berbagai faktor. Mereka harus mendapat penanganan serius untuk memulihkan kejiawaannya.
 
"Berdasarkan data dari puskesmas selama Januari-Juli 2019 tercatat 91 kasus (gangguan kejiwaan pada anak)," ujar Pengelola Program Keswa Bidang P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Endang Pregiwatiningsih, di Balai Kota Bandung, Selasa, 22 Oktober 2019.
 
Endang menuturkan puluhan anak yang mengalami gangguan jiwa berada kisaran usia lima hingga 12 tahun. Jumlah kasus diduga lebih banyak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu 91 kasus hanya yang tercatat, yang hidden bisa lebih banyak lagi," imbuhnya.
 
Dia menerangkan penyebab banyaknya anak mengalami gangguan kejiwaan karena beberapa faktor. Di antaranya biologis, genetik, trauma psikologis, dan stres dengan lingkungan.
 
"Kalau data kasus spesifik akibat kecanduan gawai enggak ada, soalnya umum," tuturnya.
 
Dia menyarankan para orang tua peka dengan perubahan dan kebiasaan anak. Gaya pengasuhan orang tua dinilai harus berorientasi pada baiknya tumbuh kembang anak.
 
Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) merupakan salah satu upaya Pemkot Bandung mengatasi berbagai permasalahan dalam keluarga. Puspaga membuka kelas parenting.
 
"Salah satunya agar orang tua bisa mengenali gangguan kesehatan mental pada anak," pungkas Konselor Puspaga, Agnia Amalia.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif