Bos Abu Tours and Travel, Hamzah Mamba saat sidang putusan di Pengadaan Negeri Makassar, Jalan RA. Kartini, Senin, 28 Januari 2019. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin.
Bos Abu Tours and Travel, Hamzah Mamba saat sidang putusan di Pengadaan Negeri Makassar, Jalan RA. Kartini, Senin, 28 Januari 2019. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin.

Bos Abu Tour Divonis 20 Tahun Penjara

Nasional penipuan ibadah umrah Abu Tours Travel
Muhammad Syawaluddin • 28 Januari 2019 16:34
Makassar: Pengadilan Negeri Makassar memvonis CEO PT Amanah Bersama Ummat (ABU Tours & Travel), Hamzah Mamba 20 tahun kurungan penjara dan denda Rp500 juta. Hakim menyatakan bahwa Hamzah Mamba terbukti secara sah dan mengikat melakukan tindak pidana penggelapan dan pencucian uang bersama-sama sebagai perbuatan berlanjut.
 
"Menjatuhkan pidana terhadap Hamzah Mamba dengan pidana penjara selama dua puluh tahun. Dan membayar pidana denda sebanyak Rp500 juta. Dengan ketentuan subsider selama 1,4 tahun," kata Ketua Majelis Hakim, Denny Lumban Tobing di Pengadilan Negeri Makassar, Senin, 28 Januari 2019.
 
Baca: Bos ABU Tours Dituntut 20 Tahun Penjara

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam putusan yang dibacakan oleh majelis hakim, Hamzah Mamba melanggar pasal 372 juncto pasal 55 ayat (1) ke 1 juncto pasal 64 ayat (1) ke 1 KUHP tentang penggelapan.
 
Kemudian pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang Jo. Pasal 55 ayat (1) ke 1 juncto pasal 64 ayat (1) ke 1 KUHP.
 
Hamzah Mamba merupakan orang yang paling bertanggung jawab melakukan penggelapan dan pencucian uang jemaah sebanyak Rp1,2 triliun dari 96.976 jamaah calon umrah yang gagal diberangkatkan oleh penyedia jasa haji dan umrah Abu Tours and Travel.
 
Putusan tersebut dibuat berdasarkan keterangan 34 saksi fakta dan tiga saksi ahli serta 420 barang bukti tindak pidana yang dilakukan Hamzah Mamba. Putusan itu sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Perbedaannya ada pada denda yang diberikan majelis hakim.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif