Bangunan SD Negeri Sauk, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, rusak berat termakan usia. Foto: Istimewa
Bangunan SD Negeri Sauk, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, rusak berat termakan usia. Foto: Istimewa

Bangunan Lima SD di Bolaang Mongondow Rusak Parah

Nasional sekolah rusak
Mulyadi Pontororing • 20 Januari 2018 18:12
Manado: SD Negeri Sauk, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, rusak parah dan membahayakan siswa maupun guru. Tak hanya SD Negeri Sauk, bangunan empat SD Negeri lain di kabupaten tersebut juga mengalami hal serupa.
 
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow Renti Mokoginta, pun membenarkan hal tersebut. Menurutnya, setidaknya ada lima SD Negeri yang rusak berat.
 
"Ada lima sekolah yang rusak besat, seperti SDN Sauk, SDN Siniung, SDN 2 Buntalo, SDN 2 Poigar, dan SDN 3 Tanoyan," kata Mokoginta saat dihubungi Medcom.id, Sabtu 20 Januari 2017, di Kotamobagu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengaku, Pemkab Bolaang Mongondow telah menyediakan anggaran pada triwulan pertama di tahun ini untuk merehabilitasi bangunan sekolah-sekolah tersebut.
 
"Itu salah satu prioritas pemerintah. Jumlahnya saya belum bisa sebutkan, jangan sampai salah. Yang pasti, anggaran untuk rehabilitasi sekolah-sekolah itu sudah ada dan segera dilakukan proses rehabilitasinya tahun ini," jelasnya.
 
(Baca: Siswa SDN Sauk Menantang Maut untuk Menimba Ilmu)
 
Terkait dengan kondisi SDN Sauk yang menurut informasi tidak pernah mendapat sentuhan pemerintah sejak dibangun pada tahun 1993, Mokoginta tak mau berspekulasi. Sebab, dirinya baru dua minggu dilantik menjadi kepala dinas.
 
"Setahu saya, tahun lalu pihak SDN Sauk telah mengajukan proposal untuk rehabilitasi. Dan anggarannya sudah ada. Namun, karena pengajuan itu dilakukan pada akhir tahun sehingga tidak terealisasi dan akhirnya jadi SILPA," terangnya.
 
Bangunan Lima SD di Bolaang Mongondow Rusak Parah
Kondisi plafon ruangan kelasSD Negeri Sauk, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, yang rusak dan termakan usia. Foto: Istimewa
 
Yang pasti, kata dia pemerintah saat ini telah menyediakan anggaran untuk rehabilitasi hingga pengadaan sejumlah fasilitas sekolah hingga 2019 mendatang.
 
"Itu akan dilakukan tahap demi tahap dan rehabilitasi sekolah-sekolah menjadi salah prioritas pemerintah saat ini. Bahkan Ibu Bupati sudah menyediakan anggaran hingga 2019 mendatang," bebernya.
 
Selain rehabilitasi bangunan sekolah, kata Mokoginta, pihaknya juga menyediakan anggaran untuk penambahan mebel.
 
"Tapi itu untuk tahun 2019 mendatang. Sekarang kami fokus dulu di proses rehabilitasi beberapa sekolah yang sudah harus segera dilakukan," kata dia.
 

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif