Bulog Pastikan Stok Beras di Sulteng Aman

Antara 18 Oktober 2018 18:39 WIB
bulogGempa Donggala
Bulog Pastikan Stok Beras di Sulteng Aman
Ilustrasi Petugas menunjukan stok beras di Gudang Bulog Baru Cisaranten Kidul Sub Divre Bandung, Jawa Barat, Senin (16/10/2018). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi.
Palu: Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh memastikan stok beras di Sulawesi Tengah hingga kini masih dalam kondisi aman. Bencana yang terjadi beberapa waktu lalu tidak mengganggu persediaan beras.

"Stok beras di gudang Bulog saat ini sekitar 12.000 ton cukup untuk memenuhi kebutuhan penyaluran, termasuk cadangan beras pemerintah," kata Tri saat meninjau gudang Bulog di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis, 18 Oktober 2018.

Tri menjelaskan, kalaupun stok menipis dan pengadaan tidak lancar, maka Bulog akan meminta pasokan dari luar provinsi seperti Sulawesi Selatan, Gorontalo, dan Sulawesi Utara.


Menurut Tri, kondisi tersebut tidak perlu dikhawatirkan, sebab jika di suatu daerah mengalami kekurangan stok beras, maka Bulog memasok dari gudang Bulog yang ada di daerah surplus.

"Seperti di Sulteng bisa didroping dari daerah tetangga. Apalagi Sulsel merupakan lumbung beras di kawasan Indonesia Timur," jelas Tri.

Selain beras, Bulog Sulteng juga masih menguasai stok gula pasir sekitar 200 ton, minyak goreng 2.000 liter dan daging kerbau beku sebanyak tiga ton.

"Ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga beberapa bulan ke depan," ungkap Tri.

Secara nasional, lanjut Tri, stok beras yang dikuasai Bulog saat ini sekitar 2 juta ton.
Soal stok beras secara umum cukup memadai dan Bulog tetap gencar melakukan pembelian di seluruh sentra-sentra produksi beras, termasuk di Sulteng, meskipun ada bencana alam yang melanda beberapa wilayah di provinsi ini.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id