Antrean panjang kendaraan donatur yang hendak menyalurkan bantuan menghiasi jalur menuju lokasi bencana di Cianjur, Jawa Barat, sehingga menghambat kerja petugas gabungan termasuk PMI. (ANTARA/Ahmad Fikri)
Antrean panjang kendaraan donatur yang hendak menyalurkan bantuan menghiasi jalur menuju lokasi bencana di Cianjur, Jawa Barat, sehingga menghambat kerja petugas gabungan termasuk PMI. (ANTARA/Ahmad Fikri)

Donatur Diminta Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur melalui Posko Terpusat

Antara • 27 November 2022 21:14
Cianjur: Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meminta berbagai kalangan yang hendak berdonasi untuk korban gempa dapat disalurkan melalui posko terpusat pemerintah dan organisasi kemanusiaan sebagai upaya memudahkan proses evakuasi dan penanganan cepat tim gabungan.
 
Pasalnya, ungkap Bupati Cianjur, Herman Suherman, iring-iringan kendaraan yang hendak menyalurkan donasi menghambat kendaraan petugas gabungan saat melakukan proses evakuasi terutama pengungsi yang hendak dirujuk dari pengungsian ke rumah sakit.
 
"Silakan berdonasi untuk meringankan beban warga korban gempa, tapi jangan sampai menggunakan banyak kendaraan karena akan menghambat proses evakuasi dan penyaluran logistik ke posko kesehatan di pengungsian, terutama kendaraan taktis yang digunakan untuk evakuasi warga yang sakit," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Herman menjelaskan bagi donatur yang hendak menyalurkan bantuan atau donasinya, dapat mendatangi posko logistik di area Pemda Cianjur atau ke posko organisasi kemanusiaan yang dapat dipercaya legalitasnya, sehingga petugas gabungan dapat sampai ke lokasi penanganan dengan cepat.
 
Baca juga: Bupati Cianjur Pegang Kendali Penuh Penanganan Gempa

Sejak beberapa hari terakhir, kata Herman, volume kendaraan yang membawa bantuan memadati jalur menuju posko dan lokasi yang terdampak gempa cukup parah di Kecamatan Cugenang, Cianjur, Warungkondang dan Pacet, sehingga antrean kendaraan terjadi sejak pagi hingga malam hari.
 
"Jalan menuju posko pengungsian dan perkampungan terdampak dipadati kendaraan yang parkir di pinggir jalan untuk menyampaikan langsung bantuan ke pengungsi. Ini sudah pasti menghambat kinerja petugas termasuk pendistribusian air atau obat-obatan ke posko pelayanan," katanya.
 
Untuk menghindari macet panjang yang menghambat penanganan cepat yang dilakukan petugas, donatur diminta untuk memilih posko resmi yang ada di Cianjur dalam menyalurkan donasinya dan disampaikan ke warga penerima tanpa harus bermacet-macetan.
 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif