Massa aksi penolak kenaikan harga BBM dari mahasiswa UII, HMI, dan sejumlah kelompok mahasiswa, di DPRD DIY, Senin, 12 September 2022.  Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Massa aksi penolak kenaikan harga BBM dari mahasiswa UII, HMI, dan sejumlah kelompok mahasiswa, di DPRD DIY, Senin, 12 September 2022. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Mahasiswa di Yogyakarta Ancam Kerahkan Lebih Banyak Massa jika Harga BBM Tak Turun

Ahmad Mustaqim • 12 September 2022 18:17
Yogyakarta: Mahasiswa di Yogyakarta mengancam akan mengerahkan lebih banyak massa bila Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tak menyatakan sikap mendukung penurunan harga BBM. Massa aksi yang berjumlah ratusan sudah mendatangi DPRD DIY pada Senin, 12 September 2022. 
 
Salah seorang perwakilan mahasiswa, Fikri, mengatakan unsur mahasiswa mendesak agar DPRD DIY mampu menghadirkan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, untuk mengakomodasi aspirasi mahasiswa. Namun, Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana mengatakan tak bisa melakukan itu. 
 
"Ini menunjukkan pemerintahan kita tidak berpihak pada rakyat," kata Fikri dengan pengeras suara. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Massa aksi kemudian mendesak agar Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X yang hadir dalam rapat paripurna bisa dihadirkan. Namun, permintaan itu tak bisa dipenuhi.
 
Baca juga: 7 Perwakilan Buruh Sampaikan Tuntutan Soal BBM ke Istana

Setelah melakukan perundingan, massa aksi membuat perjanjian agar DPRD DIY bisa mendesak sikap Pemerintah DIY menyampaikan aspirasi agar menurunkan harga BBM ke pusat. Selain persoalan BBM, mereka juga mendesak Pemerintah DIY menaikkan upah buruh karena menjadi salah satu yang terendah di Indonesia. 
 
"Dalam waktu 3x24 jam kalau harga BBM belum turun kami akan memobilisasi massa lebih besar dari hari ini," kata dia. 
 
Sementara, Huda Tri Yudiana mengatakan Gubernur DIY tidak bisa dihadirkan karena tak datang mengikuti rapat paripurna di DPRD DIY. Pihaknya berjanji memperjuangkan kenaikan upah buruh sebagai salah satu kelompok yang terimbas kenaikan harga BBM.
 
"Ini akan saya sampaikan ke pusat melalui sekretariat dengan stempel DPRD DIY. Sekarang kami naikkan sesuai tuntutan teman-teman," ujarnya. 

 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif