Penumpang KM Lestari Maju Masih Dievakuasi
Penumpang kapal berusaha meneyelamatkan diri di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan. Istimewa
Makassar: Penumpang KM Lestari Maju yang kandas di perairan Selayar Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, saat ini masih dievakuasi. Petugas Badan SAR Nasional beserta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat sedang fokus mengevakuasi penumpang ke pulau terdekat.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, informasi awal kapal mulai tenggelam pada pukul 14.30 Wita. Kapal bergerak dari Pelabuhan Bira, Bulukumba, menuju Pelabuhan Pamatata, Selayar.

Hingga kini korban akibat kejadian itu masih dalam pendataan. Diperkirakan ratusan penumpang di atas kapal beserta sejumlah kendaraan yang diangkut.


“Kapal KM Lestari Maju sedang berlayar menuju Kabupaten Selayar dan diperkirakan terjadi kebocoran di lambung kiri kapal sehingga tenggelam,” kata Sutopo dalam keterangan yang diterima Medcom.id, Selasa siang.



Sutopo menyatakan Basarnas Kabupaten Bulukumba sedang dalam perjalanan menuju ke lokasi untuk mengevakuasi para penumpang kapal. Adapun BPBD setempat membantu penanganan dan pendataan. 

“Laporan lanjut akan disampaikan jika sudah ada laporan lebih lengkap. Posko BNPB terus berkoordinasi dengan BPBD, Basarnas, dan pihak lain. BNPB dan BPBD bersifat mendukung penanganan kecelakaan laut karena focal point atau instansi yang berwenang menangani adalah Basarnas,” ujarnya.

Baca: Kapal Feri Tenggelam di Perairan Selayar

Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani mengungkapkan kapal nyaris tenggelam saat dalam perjalanan dari pelabuhan Tanjung Bira, Bulukumba menuju Pamatata, Selayar. Lambung kapal bocor dan nakhoda berinisiatif membawa kapal ke pulau terdekat.

“Sekarang sedang dikandaskan di salah satu pulau. Jadi tidak tenggelam di laut, tapi dikandaskan saja. Saat itu kapal oleng, jadi banyak yang terjun juga,” kata Dicky.






(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id