Ilustrasi Tol Jakarta-Cikampek - - Antara/ Aditya Pradana Putra
Ilustrasi Tol Jakarta-Cikampek - - Antara/ Aditya Pradana Putra

Tiga Wilayah Penarifan di Jalan Tol Japek Akan Terdampak Penyesuaian

Nasional tol cikampek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek
Antonio • 11 November 2020 23:53
Bekasi: Tiga dari empat wilayah penarifan Jalan Tol Jakarta-Cikampek terdampak rencana pemberlakukan tarif integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jakarta Cikampek Elevated II. Hanya Wilayah III yang tidak terdampak rencana pemberlakuan tarif integrasi.
 
Keempat wilayah penarifan tersebut yakni, Wilayah I (Cawang - Pondok Gede Barat/Timur), Wilayah II (Cawang-Cikarwng Barat), Wilayah III (Cawang-Karawang Barat) dan Wilayah IV (Cawang-Cikampek).
 
"Untuk Wilayah 1, 2 dan 4 terjadi penyesuaian berupa kenaikan tarif baik untuk kendaraan golongan I, II, III, IV dan IV," kata Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), anak usaha Jasa Marga pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Vera Kirana, Rabu, 11 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Jalan Tol Japek dan Japek II Elevated Akan Satu Tarif
 
Dia menjelaskan wilayah 1 dari semula Rp1.500 direncanakan menjadi Rp4.000 untuk golongan I. Kemudian, dari Rp2.000 menjadi Rp6.000 untuk kendaraan golongan II dan III. Selanjutnya, dari yang semula Rp3.000 menjadi Rp8.000 untuk kendaraan golongan IV dan V.
 
"Dapat dilihat (lihat grafis), di Wilayah 3 tidak terdapat perubahan tarif, namun ada perubahan wilayah untuk Karawang Timur. Sebelumnya Karawang Timur masuk di Wilayah 3, setelah penerapan tarif terintegrasi ini, Karawang Timur masuk di Wilayah 4 sehingga mengalami perubahan tarif," jelas Vera.
 
Dia mengatakan jika dioperasikan secara terpisah, tarif untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated mencapai Rp1.250/Km. Sehingga pengguna jalan harus membayar tarif jalan tol ini sebesar Rp47.500.
 
"Jadi untuk pengguna jalan jarak jauh pengguna kendaraan Golongan I (Wilayah 4), harus membayar dua tarif sekaligus, yaitu tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated sebesar Rp47.500 dan tarif Jakarta-Cikampek sebesar Rp15.000, sehingga total tarif untuk kendaraan Golongan 1 adalah Rp62.500," ungkapnya.
 
Vera menambahkan sejak beroperasi tanpa tarif selama kurang lebih 11 bulan, pihaknya terus memperbaiki tingkat kenyamanan pengguna jalan tol tersebut. Salah satunya dengan melakukan pekerjaan penyempurnaan sambungan jembatan atau expansion joint di sejumlah titik jalan tol tersebut.
 
"Hingga saat ini, perbaikan expansion joint telah mencapai 14 titik. Perbaikan dilakukan dengan menyesuaikan elevasi (ketinggian) dengan mengganti atau menambah lapisan penyambung agar tiga elemen aspal, beton transisi, dan karet expansion joint dapat mencapai elevasi yang nyaman saat dilewati," ujar Vera.
 
Vera menambahkan terdapat berbagai pelayanan keselamatan di jalan tol ini. Yaitu dengan adanya 4 konsep emergency plan yaitu 8 Emergency Opening (bukaan median), 4 emergency Bay (lajur darurat), 8 Emergency Access (tangga darurat) dan 2 Emergency Exit (akses keluar darurat) sebanyak 1 lajur di masing-masing jalur arah Jakarta dan arah Cikampek.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif